10 Tanda Anak kurang gizi

10 tanda anak kurang gizi- Asupan gizi yang baik untuk anak-anak sangat dibutuhkan, karena untuk membantu mendukung pertumbuhan dan juga perkembangannya. Karena pada masa anak-anak nutrisi sangat dibutuhkan untk membantu pertumbuhan dan juga perkembangan. Namun terkadang kebutuhan akan gizi yang tinggi tidak sebanding dengan asupan gizi yang diterima oleh anak. Sehingga anak pun menderita kekurangan gizi, dan kita sudah sering mendengar tentang isu anak yang kurang gizi. Dan anak yang kurang gizi bukan hanya di temukan di perkotaan saja tetapi untuk saat ini sudah banyak di temukan di daerah yang belum memiliki teknologi.

Kurang gizi dapat terjadi dikarenakan tidak terpenuhinya gizi anak dalam waktu yang cukup lama. Bahkan bisa juga terjadi pada saat masih bayi maupun pada saat masih dalam kandungan. Oleh sebab itu asupan gizi harus dilakukan sejak dalam masih dalam kandungan hingga usia 2 tahun karena hal ini merupakan sebuah masa yang dapat menentukan kehidupan anak selanjutnya.

Kurang gizi dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan anak terutama perkembangan otak dan nantinya akan berdampak terhadap perkembangan kehidupan anak selanjutnya. Anak yang kurang gizi di Indonesia masih menjadi salah satu perhatian yang serius. Yang masih harus ditangani dengan baik. Maka dari itu untuk membantu mengatasi kurang gizi pada anak, kita harus megetahui terlebih dahulu tanda-tandanya. lalu apa saja tanda anak yang kurang gizi yang dapat kita ketahui ? simak ulasannya!

Berikut ini 10 tanda anak kurang gizi yang dapat anda ketahui, antara lain:

  1. Kegagalan dalam pertumbuhan

Yang menjadi tanda pertama kekurangan gizi yaitu anak mengalamihambatan bahkan kegagalan dalam pertumbuhannya. hal ini biasanya dapat anda lihat dari perkembangan dan pertumbuhan berat badan, dan juga tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya. Karena pengaruh nutrisi untuk pertumbuhan anak memang sangat penting karena anak yang tidak menerima gizi makatubuh mereka kurang lemak protein dan juga kalori yang keduanya sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak. Selain itu juga anak tidak mendapatkan mineral dan juga vitamin yang cukup sehingga membuat tubuh anaka terlihat lebih kecil atau pendek  berbeda dengan anak yang mendapatkan asupan gizi yang baik.

  1. Terkena penyakit kurang nutrisi

Anak yang mengalami kurang gizi juga dapat terkena penyakit yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh. Dan kondisi seperti ini biasanya terjadi pada anak- anak yang berada dipemukiman yang berada didaerah pedalaman. Selain itu juga ada dua jenis penyakit yang disebabkan karena kurangnya nutrisi yaitu penyakit marasmus dan juga penyakit kwashiorkor.

  • Penyakit marasmus yaitu penyakit yang menyebabkan berat badan yang terus menurun dengan cepat dan juga yang menyebabkan otot tubuh yang terus mengecil. Selain itu juga pada bagian bawah kulit aka nada sedikit kulit lemak. Sehingga kulit naka akan terlihat lebih tipis sehingga akan terlihat seperti lapisan tipis yang terjepit oleh tulang.
  • Penyakit kwashiorkor yaitu penyakit yang dapat menyebabkan anak yang kurang gizi terlihat lebih lesu, rambut yang kasar dan berwarna merah dan pda wajah akan terlihat buat dan juga bagian kaki terlihat bengkak.
  1. Anak tidak nafsu makan

Anak yang mengalami kurang gizi akan memiliki nafsu makan yang sangat buruk. Mereka tidak nafsu makan dikarenakan sistem pencernaan mereka sudah tidak dapat berjalan dengan baik dan tubuh mereka tidak bisa merepon makanan sehingga membuat badan terlihat lebih lemah.

  1. Tubuh terlihat lebih lemah dan lelah

Anak yang mengalami kurang gizi akan sangat tidak tertarik untuk bergerak ataupun beraktifitas karena tubuh mereka terlihat lebih lemah karena semua otot yang terdapat pada tubuh tidak mendapatkan nutrisi selain itu juga tubuh tidak memiliki tenaga untuk beraktifitas, sehingga anak yang memiliki kurang gizi biasanya lebih memilih untuk berbaring atau duduk  sepanjang hari.

  1. Luka yang sulit untuk sembuh

Saat anak kurang gizi memiliki luka pada salah satu bagian tubuhnya maka luka tersebut akan sulit untuk disembuhkan. Bahkan luka tersebut malah menjadi semakin memburuk. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki lemak dan juga mineral yang cukup untuk tubuh untuk membangun sel-sel penting yang berfungsi ntuk menutupi luka yang dimiliki. Selain itu juga anak tidak memiliki protein untuk membantu tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Anak mudah sakit

Anak yang kurang gizi akan mudahuntuk sakit, hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya nutrisi seperti vitamin, mineral yang baik yang dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Ada beberapa penyakit dasar yang sering terjadi pada anak yang kurang gizi seperti diare  yang panjang, sakit kepala, flu dan juga penyakit infeksi lainnya. Selain itu juga anak tidak memiliki energi untuk menjadi daya tahan tubuh untuk mencegah berbagai sumber penyakit.

  1. Anak mudah merasa dingin

Anak yang jurang gizi akan merasakan dingin yang terus menerus. Namun dingin tersebut bukan disebabakan karena anak mengalami demam namun karena anak tidak memiliki lemak sehingga mempengaruhi suhu tubuh yang normal. sehingga membuat tubuh anak terlihat lebih lemah. Terlebih lagi bagi anak yang memiliki berat badan maka mereka akan bisa merasa sangat dingin lagi.

  1. Perut dan kaki bengkak

Perut dan kaki anak yang kurang gizi akan terlihat bengkak. Hal ini terjadi karena pada bagian perut tidak memiliki otot yang cukup dan perut pun akan terlihat lebih menonjol. Dan selain itu juga kaki pun akan terlihat membengkak itu dikarenakan adanya penumpukan air yang menyebabkan kaki menjadi bengkak . Dan hal tersebut menandakan bahwa oragan yang dimiliki aak seperti ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik di karenakan tidak memiliki nutrisi yang baik. selain itu juga anak yang memiliki kurang gizi yang sudah parah akan di tandai dengan sembelit.

  1. Kulit dan rambut terlihat kering

Anak yang mengalami kurang gizi  dapat juga terlihat dari rambut dan juga kulitnya. Rambut anak yang kurang gizi akan terlihat kasar, merah, dan juga rapuh. Selain itu juga kulit anak yang kurang gizi akan terlihat kusam,dan seperti  pecah-pecah. Dan hal ini terjadi karena tubuh anak yang tidak memiliki protein yang cukup untuk menjaga kesehatan sel kulit dan juga akar rambut.

  1. Sulit untuk konsentrasi

Anak yang memiliki kurang gizi biasanya akan sulit untuk berkonsentrasi hal ini terjadi karena anak yang kurang gizi biasanya terlihat  tidak berdaya, sehingga ketika diajak untuk berkomunikasi anak tersebut akan sulit untuk dapat memberikan tanggapan dengan cepat. Dan hal ini sangatlah berbeda dengan anak yang sehat yang terlihat lebih lincah  dan berkonsentrasi hal Ini karena mereka memiliki asupan nutrisi yang baik.

Nah, itulah 10 tanda anak kurang gizi yang dapat bunda ketahui dan agar bunda dapat segera melakukan sebuah tindakan apabila hal yang telah disebutkan diatas tadi terjadi pada buah hati bunda. Semoga bermanfaat!