12 Tanda kurang gizi dan cara mengatasinya

Tanda kurang gizi-  Asupan gizi merupakan suatu hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh maka dari itu jangan sampai kita kekurangan gizi (malnutrisi). Kekurangan gizi (malnutrisi) yaitu merupakan salah satu gangguan kesehatan yang termasuk serius yang dapat terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Padahal nutrisi memiliki peranan yang penting dalam tubuh yaitu membantu menjalankan fungsi dalam tubuh dengan baik.

Kekurangan gizi dapat juga terjadi apabila anda tidak menjalani pola makan yang sehat, selain itu juga kurang gizi dapat terjadi karena kondisi kesehatan yang tidak dapat menyerap nutrisi makanan, atau juga terjadi karena anda sulit untuk makan atau kehilangan napsu makan. Selain itu juga kuranggizi pun dapat terjadi karena faktor lain seperti masalah ekonomi , kurangnya pengetahuan tentang gizi, ataupun adanya rasa sakit dibagian mulut yang menyebabkan anda sulit untuk menguyah makanan, ataupun gangguan ingatan demensia dan juga gangguan jiwa skizofrenia yang dapat menyebabkan penderitanya mengidap malnutrisi akibat dari lupa untuk makan.

Nah, maka dari itu untuk mencegah terjadinya kekurangan gizi pada tubuh kita, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang baik unruk tubuh kita. selain itu juga kita harus mengetahui tanda-tanda dari kuarang gizi tersebut agar kita bisa mengatasinya sesuai dengan penyebabnya. Dan apabila mengatasinya sesuai dengan penyebabnya maka dokter dapat menangani sekaligus memperbaiki gizi tubuh kamu dengan baik. Maka dari apa saja tanda kurang gizi yang dapat kita ketahui?simak ulasnnya berikut !

Berikut ini 12 tanda kurang gizi dan cara mengatasinya yang dapat anda ketahui, diantaranya :

  1. Mudah lelah

Salah satu tanda tubuh anda kurang gizi yaitu ditandai dengan mudah lelah, ketika tubuh anda mulai merasakan mudah lelah tanpa anda melakukan aktifitas yang menghabiskan banyak tenaga yang dapat membuat anda menjadi lelah, maka anda harus segera memeriksanya ke dokter, karena hal ini merupakan salah satu tanda bahwa tubuh anda mengalami kekurangan gizi.

  1. Konsentrasi menurun

Selanjutnya yang menjadi tanda kurang gizi yaitu konsentrasi menuru, ketika anda belajar ataupun bekerja dan anda sangat sulit untuk berkonsentrasi, maka anda pun harus segera menyadarinya bahwa hal tersebut merupakan tanda bahwa gizi yang berada dalam tubuh anda kurang baik sehingga dapat membuat konsentrasi anda menjadi menurun.

  1. Penurunan berat badan

Dan tanda kurang gizi berikutnya merupakan tanda yang paling sering terjadi yaitu penurunan berat badan, ketika anda mengalami kurang gizi ( malnutrisi) maka anda akan merasa bahwa berat badan anda menurun tanpa anda rencanakan, hal ini terjadi karena ketika anda tubuh anda mengalami kurang gizi, maka napsu makan anda akan menurun sehingga membuat berat badan anda menjadi menurun. Maka dari itu anda harus segera memperbaiki pola makan anda dengan baik sehingga nutrisi dan gizi yang didapat pun akan baik.

  1. Depresi

Depresi yang terjadi pada seseorang dapat pula terjadi dikarenakan orang tersebut memiliki gizi yang kurang baik sehingga membuat dirinya menjadi depresi. Maka dari itu anda diharuskan untuk segera meemeriksanya dan juga memperbaiki gizi anda sesuai dengan penyebabnya.

  1. Tidak dapat menjalankan tugas yang biasa dikerjakan

Tanda kekurangan gizi lainnya yaitu ditandai dengan tidak dapat menjalankan tugas yang biasa dikerjakan. Ketika anda merasa sulit untuk dapat mengerjakan tugas yang biasa anda kerjakan maka anda memiliki gizi yang kurang baik, dan tanda kurang gizi ini sangatlah tidak baik karena dapat mempengaruhi suatu pekerjaan yang sedang anda jalani.

  1. Mudah untuk terinfeksi karena penurunan sistem kekebalan tubuh

Dan tanda berikutnya merupakan suatu tanda kurang gizi yang terbilang sangat berbahaya. Karena ketika anda kekurangan gizi maka sisitem kekebalan tubuh anda akan mulai menurun dan akan membuat anada mudah terserang penyakit dan juga infeksi. Maka dari itu mulailah untuk melakukan pola hidup sehat agar gizi dan nutrisi anda terpenuhi dengan baik.

  1. Mudah kedinginan

Ketika tubuh anda mengalami tanda kekurangan gizi maka tubuh anda akan mudah merasa kedinginan. Itu semua terjadi karena kekebalan tubuh anda berkurang dan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh pun  tidak memiliki gizi yang baik.

  1. Kehilangan selera makan

Kehilangan selera makan merupakan salah satu tanda bahwa tubuh anda mengalami tanda kurang gizi, maka dari itu anda harus memperbaiki asupan makanan anda agar tubuh anda mendapatkan gizi yang baik dan dapat terhindar dari kekurangan gizi.

  1. Proses penyembuhan luka lama

Ketika tubuh anda kekurangan gizi dan anda memiliki luka yang ada di salah satu bagian tubuh anda maka anda akan mengalami kesulitan untuk penyembuhan luka anda, hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh anda menurun sehingga membuat penyembuhan luka yang terdapat pada salah satu bagian tubuh anda menjadi sulit untuk disembuhkan.

  1. Mudah terjatuh karena otot melemah

Selanjutnya yaitu tanda kurang gizi tubuh akan mudah untuk terjatuh karena otot melemah. Dan ini akan sangat mengganggu aktifitas keseharian anda. karena aktifitas membutuhkan tubuh dan otot yang kuat maka dari itu anda disarankan untuk menjaga tubuh anda agar gizi anda tetap baik.

  1. Gatal- gatal

Rasa gatal yang terjadi pada kulit anda menjadi salah satu tanda bahwa tubuh anda kekurangan mineral seng ( zinc). Dan tanda lain yang dapat anda ketahui yaitu dengan adanya garis putih pada kuku ini merupakan tanda bahwa tubuh anda memiliki gizi yang kurang baik

  1. Ketombe dan kulit bersisik

Kekurangan vitamin dapat juga ditandai dengan munculnya ketombe pada rambut dan juga kulit yang bersisik dan itu terjadi karena anda kekurangan vitamin A yang memiliki fungsi untuk membantu melawan infeksi dan juga menjaga kesehatan kulit.

Nah, itulah 12 tanda bahwa tubuh anda mengalami gizi yang kurang (malnutrisi). Setelah anda mengatahui tanda- tanda kurang gizi yang terjadi pada tubuh anda maka anda juga dapat mengatasinya dengan baik. lalu bagaimana cara mengatasinya?simak ulasannya!

Berikut ini cara untuk mengatasi kurang gizi yang dapat anda ketahui:

  1. Melakukan perbaikan gizi maka dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang , selain itu juga nada dapat mengkonsumsi suplemen yang dpat membantu untuk perbaikan gizi dengan cepat.
  2. Selain itu juga anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi yang seimbang setiap hari. Agar tubuh anda tetap memiliki asupan gizi yang baik, dan makanan yang mengandung gizi yang seimbang yaitu terdiri dari sayur, buah dan juga produk olahan susu, makanan yang berkarbohidrat seperti nasi, kentang, roti, sereal dan lainnya dan juga makanan yang mengandung protein seperti daging,ikan, telur dan juga kacang-kacangan yang baik untuk membantu memperbaiki gizi didalam tubuh anda.

Nah, itulah 12 tanda kurang gizi dan cara mengatasinya yang dapat anda ketahui dan juga dapat anda jadikan referensi untuk membantu memperbaiki gizi anda yang kurang baik. semoga bermanfaat!