3 Jenis Gizi Anak Yang Diperlukan Untuk Pertumbuhan

3 jenis gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan- Masa anak-anak merupakan puncak masa pertumbuhan dan juga perkembangan yang sangat baik, maka dari itu bunda jangan sampai untuk melewatkan masa- masa perkembangan dan juga pertumbuhan pada anak. Selain itu juga dibutuhkan lingkungan yang baik untuk menunjang proses tersebut. Dan salah satu faktor penunjang pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu asupan gizi yang didapatkan anak.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak maka diperlukan gizi yang baik. memang sebenarnya tidak ada gizi yang dapat berkerja dengan sendirinya. Dan untuk mendapatkan gizi yang baik maka diperlukan juga makanan yang mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Karena anak memiliki banyak gizi yang dibutuhkan untuk tubuh dalam proses pertumbuhan agar dapat berjalan dengan normal dan juga cepat.  Lalu zat gizi apa saja yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan juga perkembangan anak dengan normal? penasaran? Simak ulasannya berikut !

Berikut 3 jenis gizi anak yang diperlukan untuk pertumbuhan, diantaranya

  1. Kalsium, Sangat Penting Untuk Kesehatan Tulang

Kalsium merupakan zat mineral yang dapat membantu pertumbuhan tulang dengan maksimal. Selain itu juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya keropos pada tulang dan juga menjaga kepadatan tulang. Selain untuk menjaga kesehatan tulang kalsium juga diperlukan untuk fungsi jantung, pembekuan pada darah dan juga untuk fungsi otot. Sebenarnya ketika tubuh kekurangan kalsium maka perpersediaan kalsium yang terdapat pada tulang akan diambil sebagi penggantinya. Karena seperti yang telah kita sebutkan tadi bahwa kalsium memiliki fungsi utama sebagai penguat tulang. Kebutuhan kalsium pada anak sesuai dengan usia anak, dan juga menurut kementrian adalah sebagai berikut :

  • Usia 0-6 bulan : 200 mg/hari
  • Usia 7-11 bulan: 250 mg/hari
  1. Vitamin D, Dapat Membantu Untuk Penyerapan Kalsium Dalam Tubuh

Vitamin  D memiliki peranan yang baik untuk membantu penyerapan kalsium yang ada didalam makanan, dan dengan kalsium akan membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu juga vitamin D banyak ditemukan pada berbagai produk susu. Selain itu juga vitami D sangat dibutuhkan untuk anak adalah sebagai berikut:

  • Usia 0-11 bulan : 5 mg/ hari
  • Usia 1-18 tahun : 15 mg/ hari
  1. Protein, Penting Untuk Pertumbuhan

Protein merupakan zat mikro yang memiliki peran yang penting untuk membangun serta memperbaiki jaringan yang rusak. Protein yang masuk kedalam tubuh akan diproses dan akan diubah menjadi asam amino yang merupkan bahan baku untuk membangun sel-sel baru dan jaringan. Selain itu juga ada beberapa penelitian yang telah membuktikan bahwa anak yang diberikan makanan yang kaya akan protein memiliki rata-rata yang normal bahkan bisa menjadi lebih tinggi dari temen-temen yang lainnya.

Nah, itulah 3 jenis gizi anak yang diperlukan untuk pertumbuhan. Semoga bermanfaat !