5 Makanan Sehat Untuk Anak Kekurangan Gizi

5 makanan sehat untuk anak kurang gizi- Kekurangan gizi pada anak merupakan suatu kondisi dimana anak tidak dapat mencapai masa pertumbuhan dan perkembangan yang baik. anak yang mengalami kekurangan gizi ditandai dengan badan kurus, kulit kusam dan pucat, rambut kering dan juga tubuh yang sangat lemah. Selain itu juga anak yang mengalami kekurangan gizi akan sangat mudah untuk terserang penyakit dan juga ketika memiliki luka akan sangat sulit untuk di sembuhkan.

Bahkan jika sudah parah anak dapat menderita berbagai penyakit yang bhkan mungkin akan sulit untuk disembuhkan dan juga menyulitkan anak untuk bertahan hidup. Maka dari itu untuk membantu memulihkan kembali anak yang kekurangan gizi, maka disarankan anak tersebut untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk anak yang kurang gizi. Lalu makanan apa saja yang dapat dikonsumsi untuk anak kurang gizi?simak ulasannya!

Berikut ini 5 makanan sehat untuk anak kekurangan gizi yang dapat dikonsumsi, diantaranya

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Memiliki Kalori Yang Tinggi

Anak yang memiliki kekurangan gizi sangat membutuhkan asupan kalori yang tinggi, karena kalori dapat menjadi sumber energi dan juga sumber tenaga untuk tubuh anak. Kalori memiliki 3 jenis unsur utama yaitu karbohidrat, lemak dan juga protein. Maka dari itu anda dapat memberikan makanan yang mengandung kalori tinggi seperti makanan yang diolah dari biji-bijian, keju, alpukat dan juga kavang-kacangan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Tinggi Protein

Anak yang mengalami gizi buruk biasanya sangat kekurangan protein. Dan anak yang kekurangan protein akan menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terhambat dan juga lambat. Dan untuk mengatasinya maka anak dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan lele, dan juga jenis olahan kedelai.

  1. Sereal Dan Juga Buah Berry

Makanan berikutnya yaitu dengan memberikan semua jenis kelompok buah berry yang dicampur dengan sereal yang memiliki kandungan vitamin C. dan seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat penting untuk meningkatkan sisitem kekebalan tubuh. selain itu juga serat tinggi yang terkandung dari sereal dapat membuat pencernaan menjadi lebih baik.

  1. Olahan Daging

Daging memang sangat penting bagi anak yang mengalami kekurangan gizi. Karena daging mengandung zat besi yang dapat membantu untuk produksi sel darah merah pada anak sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu juga daging mengandung magnesium dan juga zat besi yang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur Yang Berwarna Cerah

Sayuran dan buah yang memiliki warna cerah mengandung vitamin A yang tinggi sangat baik untuk anak. Karena vitamin A tidak hanya membantu meningkatkan fungsi mata tetapi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat anak tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itulah 5 makanan sehat untuk anak kekurangan gizi yang dapat dikonsumsi. Semoga bermanfaat!