5 Penyebab Gizi Buruk Pada Anak

5 Penyebab gizi buruk terhadap anak- Gizi buruk merupakan suatu kondisi yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak. Gizi buruk pada anak merupakan sebuah kondisi yang cukup memprihatinkan yang disebabkan karena tidak tercukupinya asupan gizi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi oleh anak.

Karena seharusnya asupan gizi yang baik harus diberikan kepad anak yang masih dalam proses pertumbuhan, agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik. dan biasanya anak yang mengalami kondisi gizi buruk disebabkan oleh beberapa hal. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui penyebab gizi buruk yang tejadi pada anak. Untuk itu simak ulasnnya berikut !

Berikut 5 penyebab gizi buruk pada anak yang harus diketahui, diantaranya

  1. Faktor Ekonomi Yang Rendah

Penyebab terjadinya gizi buruk pada anak yaitu terbatasnya pendapatan dalam didalam keluarga. dan tentu saja makanan yang dikonsumsi oleh kelraga pun tergantung dari penghasilan yang diperoleh. Selain itu juga kualitas pada makanan dan jumlah makanan yang akan ditentukan pun sesuai dengan pendapatan yang diterima. Namun keluarga yang berada pun bukan berate tidak akan mengalami gizi buruk. Karena belum tentu makanan yang baik akan akan memenuhi asupan gizi dengan baik.

  1. Faktor Sanitasi

Gizi buruk tidak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi saja tetapi dapat pula terjadi karena lingkungan rumah dengan sanitasi yang buruk dan juga akan sangat berpengaruh. Karena ketika rumah tidak menjadi sanitasi yang cukup baik maka hal ini dapat berimbas terhadap kesehatan anak. Karena anak- anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan sangat mudah untuk terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya yang rendah. Selain itu juga sanitasi yang buruk akan mampu menjadi pencemar sejumlah bahan makanan yang akan diolah dan juga akan berdampak negative terhadap kesehatan.

  1. Pengetahuan Yang Kurang Tentang Gizi Makanan

Penyebab lain terjadinya gizi buruk yaitu pengetahuan yang kurang terhadap gizi makanan. makanan yang dikonsumsi dengan sembarangan tanpa mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada makanan itu baik atau buruk akan menjadi salah satu penyebab terjadinya gizi buruk. Dan ini bukan hanya terjadi pada keluarga yang berpenghasilan menengah saja tetapi juga dapat terjadi pada keluarga yang berpenghasilan diatas juga.

  1. Lahir Premature

Anak yang lahir premature menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Kondisi kelahiran premature pada bayi akan meningkatkan resiko gizi buruk yang tinggi pada bayi tersebut. Maka dari itu ibu hamil diharapkan untuk benar-benar menjaga nutrisi selama kehamilan.

  1. Kurangnya Ketersediaan Makanan

Kurangnya ketersediaan terhadap makanan merupakan hal yang sangat umum khususnya pada keluarga yang memiliki pendapatan yang cukup rendah. Dan hal ini dapat meningkatkan resiko gizi buruk pada anak-anak yang berada di keluarga dengan pendapatan yang rendah.

Nah, itulah 5 penyebab gizi buruk pada anak yang dapat diketahui. Semoga bermanfaat!