9 Gejala Kanker Otak

Kanker merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah penyakit yang terjadi apabila sel-sel membelah secara cepat tanpa kontrol sehingga dapat menyerang jaringan-jaringan sel yang lainnya melalui darah dan sistem gerah bening. Hal ini dapat terjadi karena terjadinya kerusakan pada DNA.

Penyakit ini juga dikategorikan kepada salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan. Salah satu jenis kanker yang paling ditakuti adalah kanker otak. Kanker ini juga terjadi apabila ada tumor ganas menyerang ke bagian otak dan menyebar secara cepat ke bagian otak yang lainnya. Ada beberapabeberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kanker otak yaitu gaya hidup yang tidak baik, radiasi, kecelakaan, paparan bahan kimia serta bisa juga karena faktor keturunan.

Inilah 9 Gejala Kanker  Otak Yang Perlu Di Waspadai

Gejala yang dapat terjadi apabila terjangkit tumor otak memang bervariasi, tergantung dengan bagian mana yang terserang tumor tersebut. Seperti tumor yang menyerang saraf optik dapat menyebabkan kebutaan, namun jika yang terserang adalah saraf motorik maka yang terjadi adalah mati rasa atau sulit untuk bicara.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala yang terjadi pada seseorang yang terjangkit tumor otak berbeda dengan sakit kepala pada umumnya, karena sakit kepalanya dibarengi dengan mual dan muntah-muntah yang terjadi pada pagi hari dan mulai membaik ketika siang hari menjelang. Intensitas rasa sakit kepala akan semakin sering dari waktu ke waktu. Jika anda merasa sakit kepala seperti ciri-ciri tersebut, sebiknya segera periksakan ke dokter.

  1. Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan terjadi apabila tumor menyerang sel saraf optik. Gejala-gejala yang tetjadi yaitu pandangan menjadi kabur, jika memandang hanya dapat memandang lurus kedepan, jika melihat lampu akan terlihat berkedip-kedip serta hangguan penglihatan yang lainnya yang dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Hilangnya keterampilan motorik

Hal ini terjadi jika tumor mulai menyerang saraf motorik sehingga terjadi hilangnya keseimbangan tubuh seeta sulit untuk mengatur kooedinasi gerak tubuh.

  1. Mual dan muntah-muntah

Kondisi ini terjadi secara tiba-tiba dan diwaktu pagi hari, warnanya hijau serta diiringi dengan rasa sakit kepala dan tidak sedang sakit yang lainnya. Kondisi ini pun akan terus berlanjut sampai tumor di otak hilang.

  1. Kejang-kejang

Kejang-kejang juga merupakan salah satu gejala kanker otak, namun kondisi ini terjadi hanya sebentar sekitar 2 sampai 3 menit dan terjadi secara tiba-tiba yang menyebabkan penderitanya kehilangan akal. Hal ini disebabkan oleh terganggunya saraf motorik oleh tumor.

  1. Sulit komunikasi

Sulit berkomunikasi merupakan salah satu gejala tumor otak. Salah satunya adalah sulit untuk berbicara serta sulit untuk memahami lawan bicara, hal ini disebabkan karena kerusakan pada saraf lobus temporal yang diserang oleh tumor.

  1. Menurunnya daya ingat

Menurunnya daya ingat juga merupakan salah satu  gejala kanker. Hal ini ditandai dengan menurunnya fungsi berfikir, sulit berkonsentrasi serta sering bingung yang menyebabkan depresi

  1. Mulai mati rasa

Kondisi tubuh yang sulit untuk digerakkan serta mudah merasa sakit jika tersentuh sampai bisa kehilangan keseimbangan.

  1. Perubahan kepribadian

Salah satu gejalanya yaitu dengan berubahnya kepribadian seperti menjadi lebih agresif, sensitif, kasar serta cepat marah.

Itulah beberapa penjelasan dari gejala-gejala kanker otak. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, anda bisa langsung kondisikan dengan dokter.