Bahaya Obesitas Pada Anak

Bahaya obesitas pada anak- Memiliki anak yang gemuk merupakan dambaan setiap orang tua, karena mereka akan senang ketika melihat anaknya memiliki badan yang gemuk dan juga pipi yang chubi. Dan hal ini yang akan membuat orang tua menjadi gemas terhadap anaknya. Namun perlu anda ketahui juga bahwa memiliki anak yang berbadan gemuk atau terlalu gemuk dapat beresiko obesitas sehingga membuat kondisi tubuh  anak gampang untuk terserang penyakit.

Obesitas yaitu kelebihan berat badan yang dialami oleh anak. Obesitas ini juga dapat terjadi salah satunya yaitu faktor keturunan. Anak yang orang tuanya memiliki obesitas resiko untuk terkena obesitas pun akan sangat tinggi. Selain faktor keturunan obesitas juga dapat terjadi karena pola makan yang tidak baik, karena anak yang mengalami obesitas nafsu makannya akan terus meningkat sehingga membuatnya sulit untuk mengontrol pola makan. Selain itu juga pola makan yang tidak baik akan menyebabkan dampak negative yang akan terjadi pada anak, salah satunya yaitu membuat anak kesulitan dalam beraktivitas. Maka dari itu orang tua harus mengetahui  bahaya yang akan terjadi pada anak yang mengalami obesitas. Lalu apa saja bahaya yang akan terjadi pada anak yang mengalami obesitas? Simak ulasnnya !

Berikut ini beberapa bahaya obesitas pada anak yang akan dialaminya, diantaranya

  1. Sistem Imun Yang Terganggu

Obesitas yang gerjadi pada anak akan meningkatkan resko inflamasi. Inflamasi ini akan berpengaruh terhadap otak sehingga akan membuat suasna hati untuk lebih mudah berubah sehingga akan berpengaruh juga terhadap nafsu makan.

  1. Gangguan Pernapasan

Anak yang mengalami obesitas akan beresiko mengalami gangguan pernapasan . hal ini terjadi karena anak lebih suka mendengkur dan juga akan mudah lelah, sehingga akan membuat anak lebih mudah untuk tidur di siang hari.

  1. Beresiko Menimbulkan Penyakit Yang Berbahaya

Obesitas yang terjadi pada anak akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti asma, kanker, tekanan darah tinggi dan juga penyakit hati. Selain itu juga obesitas pada anak tidak hanya menimbulkan penyakit berbahaya tetapi juga akan berpengaruh terhadap psikis anakyaitu seperti penurunan akademik disekolah, rendah diri bahkan juga akan terjadinya depresi.

  1. Tidak dapat mengatur pola makan

Anak yang mengalami obesitas tidak dapat mengatur pola makan. Karena mereka sudah terbiasa dengan porsi makan yang banyak dan juga akan selalu merasa lapar apabila ia diberikan porsi yang lebih sedikit.dan kebiasaan yang sering terjadi in akan berpengaruh pada saat anak tersebut sudah menjelang dewasa selain itu juga lebih berpotensi penimbunan lemak yang terjadi didalam tubuhnya.

Nah, itulah beberapa bahaya obesitas pada anak yang akan terjadi, maka dari itu orang tua harus segera melakukan pencegahan atau penanganan kepada anak. Semoga bermanfaat !