Beberapa Gejala Kanker Mulut

Oral cancer atau lebih dikenal sebagai kanker mulut merupakan jenis kanker yang tumbuh dan berkembanng kesetiap bagian rongga mulut. Biasanya kanker ini bermula dari lidah dan dasar mulut, lalu kanker ini dapat menyebar kebagian anggota tubuh lainnya secara cepat memalui cIran getah bening atau cairan lainnya.

Kanker mulut ini dapat terjadi karena danya sel-sel dalam mulut yang berkembang dan bertumbuh secara cepat serta mennganggu jaringan sel-sel lain yang ada disekitarnya, seperti pada leher lalu ke paru-pau dan ke otak dan kepala gaian lainnya.

Menurut beberapa peneliti menyebutkan bahwa faktor dari penyebab kannker mulut yaitukarena terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi alkohol, sering mengkonsumsi tembakau atau rokok, terkena sinar matahari secara langsung, karena faktor keturunan serta kurangnta mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.

Inilah Beberapa Gejala Kanker Mulut Yang Perlu Di Pahami

Sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengetahui ciri-ciri dan gejala kanker mulut sehingga gejala ini sering terabaikan. Memang, gejala pada kanker mulut ini hampir sama dengan masalah kesehatan mulut seperti biasanya, sehingga cukup sulit untuk diketahui.

Untuk menambah kewaspadaan anda perlu mengetahui dengan jelas apa saja gejala-gejala yang ditimbulkan pada kanker mulut, yaitu sebagai berikut:

  • Terjadi pembengkakkan pada area mulut, seperti timbulnya benjolan atau pembengkakan pada gusi, pada bibir, dan pada area mulut lainnya.
  • Merasa sakit pada bagian mulut dan bibir, sehingga merasa sulit untuk mengunyah, sulit untuk menelan dan sulit untuk berbicara.
  • Terjadi sariawan dimulut yang sulit untuk disembuhkan serta terjadi pendarahan pada bagian mulut dan gusi karena luka.
  • Timbulnya bercak-bercak diarea mulut atau bibir seperti warna putih, warna gelap serta warna merah
  • Adanya benjolan di leher.
  • Serta merasa sakit pada area telinga.

Untuk dapat mengetahui gejala-gejala tersebut apakah termasuk kanker atau hanya gejala biasa, anda bisa langsung konsultasikan ke dokter. Atau anda bisa juga dengan melakukan pemeriksaan sendiri dirumah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Perhatikan wajah anda, jika wajah anda normal dan tidak ada perbedaan antara sisi kiri dan sisi kanan, maka anda tidak terkena penyakit kanker.
  • Periksakan wajah anda, apakah ada perubahan warna atau tidak.
  • Lakukan penekanan pada bagian leher apakah ada benjolan atau tidak.
  • Perhatikan bibir dan mulut, lalu rabalah bagian bibir dan mulut apakah ada benjolan atau tidak serta perhatikan apakah ada terjadi perubahan warna pada mulut atau bibir.
  • Lihat dan perhatikan area lidah anda apakah terjadi pembengkakkan atau timbul benjolan pada area lidah, serta perubahan warna atau terfapat bercak pada lidah.
  • Setelah anda periksa, jika ada perbedaan yang signifikan segera konsultasika ke dokter.

Mulailah untuk menjalani pola hidup sehat agar anda dapat terhindar dari penyakit kanker mulut. Anda bisa memulai dengan menjaga kesehatan mulut dengan baik, seperti dengan melakukan kebiasaan gosok gigi setiap hari minimal 2 kali. Menjaga agar mulut tetap segar dan wangi serta anda dapat memeriksakan kondisi gigi dan mulut ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Selain menjaga kesehatan mulut, anda juga bisa dengan menghindari konsumsi minuman beralkohol, mengurangi konsumsi rokok atau yang mengandung nikotin, olahraga secara teratur, kurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak, perbanyak konsumsi makanan yang dapat mencegah terjadinya kanker seperti makan biji-bijian, makan Kacang-kacangan, teh hijau, sayuran serta buah-buahan. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan, anda dapat langsung konsultasikan pada dokter.