Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

Tahukah anda bagaimana cara membersihkan telinga yang tepat? Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang pembersihannya sering terlupakan, meski hal ini vukup mudah untuk dilakukan. Namun jika salah cara pembersihannya dikhawatirkan terjadi kerusakan pada bagian sensitif telinga.

Pada dasarnya kotoran telinga merupakan suatu zat kimia yang berfungsi untuk melindungi telinga dari pertumbuhan beberapa bakteri yang berbahaya bagi telinga dan melindungi bagian dalam telinga dari debu. Namun jika terlalu banyak kotoran yang menumpuk akan berbahaya karena dapat menyumbat pada liang telinga yang mengakibatkan hilangnya pendengaran.

Kotoran dalam telinga dapat dibersihkan dengan mudah, namun harus berhati-hati karena jika kita salah dalam caranya dikhawatirkan terjadi infeksi dan terjadi kerusakan pada daerah-daerah sensitif telinga. Jika terjadi infeksi sebaiknya periksakan ke dokter.

Cara Membersihkan Telinga Dengan Aman Dan Benar

  • Air garam

Membersihkan kotoran telinga dengan air garam merupakan salah satu cara yang cukup aman dan efektif. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh  garam kedalam segelas air hangat, lalu masukkan kapas dan diamkan sebentar.

Setalah kapas direndam dalam larutan garam, lalu angkat dan peras sedikit sampai tidak terlalubanyak meneteskan air. Kemudian teteskan air garam tersebut kedalam telinga, namun jangan terlalu banyak, cukup beberapa tetes saja.

Setelah diteteskan, lalu diamkan sebantar samapi air masuk kedalam telinga dan membasahi liang telinga. Lalu miringkan telinga hingga airnya keluar kembali.

  • Minyak zaitun

Cara ini juga merupakan salah satu yang aman untuk membeesihkan telinga. Anda hanya peelu mencekupkan kapas pada minyak zaitun yang hangat kemudian masikkan kapas kedalam telinga yang kotor, diamkan selama 5-15 menit lalu keluarkan.

  • Minyak bayi

Minyak bayi atau sering disebut dengan baby oil merupakan salah satu produk bayi yang teksturnya sangat lembut serta aman bagi kulit dan tanpa efek samping. Cara penggunaannya pun sama dengan penggunaan dengan minyak zaitun.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa juga cukup bagus untuk menghilangkan kotoran daam telinga, yaitu dengan cara menuangkan minyak ke dalam sendok lalu panaskan sendok diatas lilin. S2telah hangat, masukkan kapas atau cutton bad kedalam sendok lalu masukkan kapas atau cutton bud itu kedalam telinga sampai kotorannya  rontok. Karena minyak kelapa hangat dapat mwrontokka. Kotoran di telinga.

  • Alkohol dan cuka

Camurkan alkohol dan cuka, lalu semprotkan ke bagian telinga yang kotor. Setelah disemprotkan, lalu pijit-pijit bagian telinga yang kotor dan bagian dalam telinga sampai bersih.

  • Bawang putih

Cara yang dilakukan adalah dengan menghaluskan bawang putih lalu panaskan siatas likin menggunakan sendok, dan minyaknya teteskan kedalan telinga. Maka kotoran akan ronrok.

Inilah benerapa cara menghilangkan kotoran telinga dengan baik. Bersihkanlah telinga anda minimal 3 kali dalam seminggu, karena jika kotoran dibiarkan menumpuk di telinga akan beresiko terjadunya infeksi dah komplikasi pada sel saraf. Berhati-hatilah dalam membersihkan telinga. Jika terjadi infeksi, segera hubungi dokter.