Cara Membuat Robot Manual Untuk Pemula

Robot sebenarnya selalu menarik perhatian anak-anak karena robot itu seperti imajinasi hidup. Sementara dunia banyak anak-anak dihiasi dengan imajinasi. Dari pengalaman saya mengajar robotika sederhana di sekolah atau di pelatihan, kita bisa datang dari robot apa pun. Bukan gaya robot yang seharusnya tepat, tetapi rencana yang harus dibangun. Kita harus bersyukur kepada Allah (swt), yang membuat penemu pertama sains fundamental yang telah berevolusi secara konsisten sejauh ini.

Singkatnya, robot dibangun dari 3 bidang ilmiah, yaitu, mekanik, elektronik dan ilmu komputer / komputasi. Dilihat dari sejarah, ketiga bidang itu seperti tangga yang bisa dilintasi dari bawah ke atas atau sebaliknya dari atas ke bawah. Kita bisa belajar membangun robot dari mekanik, elektronik, dan komputer. Kami hanya dapat membangun robot untuk anggota elektronik. Ini disebut robot analog. Ketika robot dilengkapi dengan program komputer, sebagian besar disebut robot mikrokontroler. Baik robot analog maupun mikrokontroler dikontrol sebagian secara manual dan sebagian secara otomatis dengan bantuan sirkuit elektronik, sensor dan program komputer.

Saat ini, karena ada robot belajar perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda, kita dapat belajar dari atas ke bawah, yang berasal dari program komputer, kemudian dari elektronik dan kemudian secara mekanis. Dari mana pun dimulai, apa yang tidak boleh tertinggal adalah hubungan mekanis, karena robot itu persis dengan sesuatu yang bergerak, baik dalam gerakan di tempat maupun di gerakan berpindah tempat.

Berikut ini adalah proyek sederhana untuk mengidentifikasi teknik gerakan dasar untuk robot yang membuat perubahan arah gerakan dengan mengambil kutub positif dan negatif dari baterai terhadap motor DC. Untuk mendapatkan bahan yang dibutuhkan anda bisa mencarinya di toko jual komponen robot, atau anda bisa gunakan bahan bahan berikutĀ  1 aki mobil (ada sebuah jip atau tangki yang referensi dikenal sebagai karakter kartun), 1 saklar 6 kaki on / off (juga dikenal sebagai On-Off-On 6) kaki), 2 AA Baterai 1,5 volt, charger 2, 2 kabel dengan warna berbeda 1,5 meter dan pita. Peralatan yang dibutuhkan: obeng, gunting / stripper kawat.

Bagaimana cara melakukannya (lihat gambar skema). Bongkar muat mobil untuk melihat anggota mesin (atau yang disebut Dynamo). Lepaskan kabel motor dan gantilah dengan kabel yang sudah dipersiapkan panjang. Potong kabel panjang di ujung lainnya sekitar 20 cm. Simpan bagian-bagiannya. Ambil saklar 3 posisi dan letakkan takan di tengah (seperti namanya, tuas dapat ditempatkan terhadap 3 posisi: tengah, depan, belakang). Sambungkan kabel motor ke sakelar 3-posisi dengan kaki tengah. Ambil sepotong kabel untuk menghubungkan saklar kaki 3 posisi dari elemen depan yang disilangkan dengan belakang: depan kiri ke kanan belakang, kanan depan ke belakang kiri. Kemudian hubungkan kaki belakang ke titik baterai: kaki kiri ke kutub negatif, kaki kanan ke kutub positif. Masukkan baterai ke dalam kompartemen baterai. Coba gerakkan tuas pers ke depan. Jika seluruh instalasi benar, mesin memutar roda ke arah tertentu. Uang muka atau uang muka. Sekarang pindahkan tuas ke belakang, lalu arah roda berputar berputar mundur atau mundur.

Motor ini dapat digunakan untuk mengoperasikan roda (mesin lokomotif) atau sendi pergelangan tangan (manipulator) dari robot. Ketika kita menghubungkannya dengan lengan robot, kita bisa menggerakkannya ke atas dan ke bawah. Jika kita membentuk 2 unit, kemudian dikombinasikan dengan posisi kiri dan kanan sebagai setir, maka kita telah membuat lokomotif robot bergerak yang dapat berputar ke depan, mundur, searah jarum jam / putar, belok kiri / putar. Robot apa yang bisa dibangun dengan apa yang baru saja kita bangun? Banyak.