Cara Mengatasi Anak Demam Secara Alami

Cara mengatasi demam pada anak secara alami- Demam yang terjadi pada anak merupakan suatu hal yang sangat membuat orang tua menjadi panic dan juga khawatir. Demam yang terjadi pada anak merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh yang sedangbekerja melawan penyakit. Adapun Suhu tubuh yang normal pada bayi yaitu sekitar 36-37 derajat celcius. Anak yang mengalami demam ketkika mendapatkan sesuatu yang baru dan asing pada tubuh. Seperti virus, mikroba yang masuk kedalam tubuh yang akan mengakibatkan timbulnya reaksi alergi.

Saat adanya benda asing yang masuk kedalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan memproduksi suatu zat yang dapat berfungsi untuk mempertahankan tubuh. dan hal ini pun yang akan membuat suhu tubuh menjadi meningkat. Namun bunda tidak perlu khawatir, sebab demam yang terjadi pada anak tersebut merupakan suatu tanda bahwa tubuh sedang melawan virus yang berhasil mencegah penyebaran virus tersebut. Namun yang harus bunda ketahui bahwa tidak semua demam yang terjadi anak tidak harus disembuhkan dengan berbagai obat, kadang juga ada demam  yang dapat sembuh dengan sendirinya. Maka dari itu agar tidak terjadinya demam pada anak, maka bunda dapat mengatasiya dengan beberapa cara alami yaitu salah satunya dengan menggunakan cara alami yang tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi anak. Lalu bahan apa saja yang dpat digunakan untuk membantu mengatasi demam pada anak?simak ulasannya berikut !

Berikut ini beberapa cara mengatasi anak demam secara alami yang dapat bunda lakukan, diantaranya

  1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Salah satu cara yang mudah untuk membantu mengatasi anak demam yaitu dengan cara mengompres dengan menggunakan air hangat. Dan cara yang digunakannya pun sangat mudah yaitu bunda cukup membasahi handuk dengan air hangat yang telah disiapkan, kemudian letakkan anduk tersebut pada bagian dahi anak atau pada bagian lengan. Selain menggunakan anduk, ternyata kaos kaki pun dapat digunakan untuk mengompres. Cara yang digunakannya pun hampir sama pada saat mengompres menggunakan anduk.

  1. Memberikan Teh Jahe

Dan cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi demam pada anak yaitu dengan memberikan teh jahe pada anak, teh jahe ini memiliki khasiat untuk membantu membuat pori-pori terbuka yang dapat membuat keringat keluar dan akan membuat demam menjadi turun, selain itu juga jahe dapat membantu untuk mengatasi terjadinya demam pada anak.

  1. Memberikan Air Seledri

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi demam pada anak yaitu dengan menggunakan air seledri. Air seledri memiliki manfaat yang dapat membantu untuk menurunkan demam dan membantu anak agar tidur dengan nyaman dan juga nyenyak. Maka dari itu bunda dapat memberikannya pada anak. Cara penggunaanya pun sangat mudah yaitu masukan seledri pada kedalam ½ liter air kemudian tunggu sampai mendidih, setelah itu saring dan tambahkan madu, lalu minum.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi anak demam secara alami yang dapat bunda lakukan. Semoga bermanfaat !