Cara Mengatasi anak susah tidur

Cara mengatasi anak susah tidur- Tidur merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan untuk anak. Karena tidur dapat membantu untuk mengumpulkan kembali energy pada anak. Namun terkadang anak susah untuk tidur. Susah tidur yang terjadi pada anak akan sangat mengganggu kesehatan pada anak apabila terus dibiarkan.

Maka dari itu bunda disarankanu tuk segera mengatasi hal tersebut. Karena apabila terus dibiarkan akan membuat pertumbuhan anakpun terganggu. Maka dari itu untuk mengatasinya bunda harus melakukan berbagai cara sehingga membuat anak tidak sulit untuk tidur. Karena anak yng beristirahat dengan baik maka metabolism tubuhnya akan berjalan dengan baik dan juga pertumbuhannya akan berjalan dengan baik. Lalu hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang susah tidur ?simak ulasannya berikut !

Berikut ini beberapa cara mengatasi anak susah tidur yang dapat bunda lakukan, diantaranya

  1. Buat Suasana Tidur Yang Nyaman

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi bayi yang susah tidur yaitu dengan membuat suasana kamar yang nyaman untuk anak. Karena suasana yang nyaman akan membuat anak akan merasa nyaman pada saat tidur, selain itu juga pastikan tubuh anak sudah dala keadaan bersih dan juga memakai pakaian yang nyaman. selain itu juga pastikan kasur dan juga pelengkapan lainnya bersih, dan nyaman. dan membat bayi merasa nyaman dan tenang sehingga membuat anak menjadi mudah ngantuk sehingga membuatnya mudah untuk tidur.

  1. Jaga Ketenangan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi bayi yang susah tidur yaitu dengan memastikan bahwa suasana kamar anak, dan suasana rumah bising ketika anaka akan tidur. Dan semua anggota keluarga harus berusaha untuk menciptakan suasana yang tenang, seperti jangan berbicara terlalu keras, mengecilkan volume music dan juga mematikan televise. Dan alangkah lebih baiknya lagi apabila anggota keluraga berpura-pura untuk tidur agar anak percaya bahwa semua anggota keluarga punĀ  akan tidur.

  1. Buat Jadwal Tidur Untuk Anak

Selanjutnya yaitu dengan membuatkan jadwal tidur untuk anak. Selain itu juga bunda harus membiasakan anak untuk tidur pada siang hari selama 1 sampai 2 jam dan selain itu juga bunda harus menentukan jam berapa anak harus tidur pada malam hari. Dan sebaiknya pastikan juga agar anak tidak tidur siang terlalu lama, karena hal ini akan dapat mencegah anak merasa tidak ngantuk pada malam hari.

  1. Pastikan Anak Kenyang

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak susah tidur yaitu dengan memastikan bahwa perut anak bunda sudah kenyang. Karena perut yang lapar akan berpengaruh pada saat tidur, bahkan akan membuat anak sulit untuk tidur karena kondisi perut yang lapar.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi anak susah tidur yang dapat bunda ketahui. Semoga bermanfaat !