cara mengatasi bayi kuning

cara mengatasi bayi kuning- Penyakit kuning yaitu suatu penyakit yang disebablan oleh adanya kelebihan bilirubin pada darah bayi. Karena bayi yang baru lahir memiliki kadar sel darah merah yang lebih tinggi sehingga dapat memicu produksi bilirubin. Bilirubin ini terbentuk ketika sel-sel darah merah yang tua dihancurkan.

Bayi sebenarnya telah memiliki bilirubin sejak masih berada didalam kandungan. Namun sejak dalam kandungan yang mengeluarkan bilirubin itu ibu melalui plasenta. Namun ketika bayi telah lahir maka tidak dapat melakukannya sendiri karena organ hati yang dimiliki bayi belum berkembang dengan sempurna. Dan hal inilah yang dapat menghambat proses dalam pembuangan bilirubin yang seharusnya dapat dibuang pada saat buang air besar maupun pada saat buang air kecil. Dan sebenarnya penyakit kuning  yang terjadi pada bayi ini merupakan hal yang normal apabila masih dalam batas waktu yang normal, namun ketika dalam waktu 2minggu penyakit kuning ini tidak juga hilang maka harus segera diatasi. Lalu cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi kuning?simak ulannya berikut ini !

Berikut ini beberapa cara mengatasi bayi kuning yang dapat anda lakukan dengan cepat

  1. Jemur bayi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi kuning yaitu dengan cara menjemur bayi, karena sinar ultravioletakan membantu untuk mengubah bilirubin menjadi bentuk lain sehingga tidak perlu dikeluarkan lewat organ hati. Maka dengan begitu kelebihan bilirubin yang berada didalam tubuh bayi dapat berkurang, sehingga secara perlahan dapat menyembuhkan penyakit kuning tersebut.  Cara yang perlu dilakukannya pun sangat mudah aitu anda cukup menjemur bayi dibawah sinar matahari  dalam keadaan bayi telanjang atau hanya menggunakan popok dan jangan lebih dari 5 menit lakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari. Dan cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan membaringkan bayi ditempat tidur yang ditaruh didekat jendela.

  1. Segera memberikan susu pda bayi

Langsung memberikan ASI pada bayi setelah bayi dilahirkan sangatlah penting, karena hal ini akan membantu untuk mengurangi resiko penyakit kuning semakin berkembang, selain itu juga membantu mengobati penyakit kuning yang terjadi pada bayi, apabila bayi telah terjangkit penyakit kuning. karena pada umumnya ibu yang langsung memberikan ASI beberapa jam setelah melahirkan akan membantu untuk menigkatkan penyakit kuning dengan cepat.

  1. Tranfusi darah

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi bayi kuning yaitu dengan cara tranfusi darah apabila bayi yang mengalami penyakit kuning ini gagal  disembuhkan setelah dilakukannya penyinaran. Pengambilan darah dari pendonor jumlahnya akan disamakan dengan banyaknya darah yang diambil dari bayi, dan cara ini dilakukan beberapa kali sampai bayi  dapat untuk disembuhkan. Dan tranfusi ini dapat dilakukan apabila kadar bilirubin yang terdapat pada bayi mencapai 25 sampai 29 mg/dl karena bayi yang sehat kadar bilirubinnya hanya 17 hingga 32 mg/dl.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bayi kuning yang dapat dilakukan dengan cepat. Semoga bermanfaat!