Cara Mengatasi Diare Pada Balita

Cara mengatasi diare pada balita- Diare merupakan salah atu penyakit yang sering dialami oleh balita. Diare yang terjadi oada balita dapat ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya dan juga konsistensi dari tinja yang encer. Diare yag terjadi pada balita salah satunya yaitu disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada usus, bakteri, dan juga perubahan pola makan yang terjadi pada anak tersebut. Gejala lain yang dapat diketahui ketika anak mengalami diare yaitu dengan peubahan tinja yang terjadi pada anak lebih encer, dan juga lebih banyak. Selain itu diare juga dapat memicu terjadinya dehidrasi pada balita, karena pada saat balita mengalami dehidrasi maka keseimbangan air dan garam (elektrolit) didalam tubuh akan terganggu dan kondisi inilah yang doat menimbulkan terjadinya dehidrasi.

Maka dari itu untuk mencegah diare yang terjadi pada balita tidak menjadi semakin parah, maka bunda harus segera mengatasinya. Karena apabila tidak segera diatasi akan membuat balita menjadi semakin dehidrasi dan akan memperparah kondisi pada bayi. lalu hal apa saja yang dpat dilakukan untuk mengatasi diare pada balita ?simak ulasannya !

Berikut ini beberapa cara mengatasi diareĀ  pada bayi yang dapat bunda lakukan, diantaranya

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Ketika anak telah diberikan makanan padat , maka berikan makanan padat yang megandung gizi yang baik seperti makanan yang disajikan dengan digiling, ditumbuk dan makannya pun masih dalam keadaan segar. Dan salah satu makanan yang disarankan yaitu makanan sereal yang mengandung zat tepung yang dicampur dengan sayuran, kacang-kacangan, daging dan juga ikan.

  1. Tingkatkan Konsumsi Cairan

Salah satu obat yang dapat membantu balita dalam mengatasi diare yaitu dengan meningkatkan konsumsi cairan. Yang bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Maka dari itu bunda disarankan untuk lebih sering memberikan cairan kepada balita meskipun balita memuntahkannya, hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada balita. Ketika mengalami diare maka hindari pemberian jus pad bailta.

  1. Cairan Rehidrasi Oral

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi diare pada balita yaitu dengan pemberian cairan rehidrasi oral atau oralit. Cairan oralit merupakan cairan yang dikemas secara khusus yang mengandung air serta elektrolit yang dapat mencegah dan juga mengatasi dehidrasi pada saat diare. Pemberian oralit ini dapat dilakukan dengan teratur dan juga dapat diberikan secara bersamaan dengan makanan yang diberikan kepada balita seperti ASI, susu forula dan juga makanan pendamping lainnya.

  1. Perawatan Rumah Sakit

Ketika balita mengalami diare maka bunda dapat membawanya ke rumah sakit jika diare tersebut tidak dapat ditangani dengan beberapa cara yang telah disebutkan diatas tadi. Dan jika telah terlihat tanda-tanda bahwa telah terjadi kegawat daruratan. Maka ketika dirumah sakit balita akan diinfus untuk menjaga cairan pada tubuh balita dan juga balita akan diberikan antibiotik atau obat anti parasite untuk mengatasi sumber penyebab diare.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi diare pada balita. Semoga bermanfaat!