Cara Mengatasi Kekurangan Gizi Pada Balita

Cara mengatasi kekurangan gizi pada balita- Gizi merupakan suatu hal yang harus sangat penting bagi tubuh  terutama untuk perkembangan dan juga pertumbuhan pada balita. Maka dari itu orang tua harus memberikan asupan gizi yang baik pada anak sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kekurangan gizi merupakan suatu kondisi dari gejala malnutrisi yaitu dengan perkembangan fisik dan juga mental yang kurang maksimal yang biasanya terjadi akibat terjadinya gangguan maslah antara kurangnya asupan nutrisi atau juga terjadinya proses gangguan pada penyerapan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. selain itu kekurangan gizi juga dapat terjadi karena beberapa hal  seperti kekurangan asupan nutrisi, kanker kolon dan juga lainnya. maka dari itu agar ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kekurangan gizi pada balita. Lalu apa saja yang dpat dilakukan untuk mengatasinya ? simak ulasannya !

Berikut beberapa cara mengatasi kekurangan gizi pada balita yang dapat anda ketahui

  1. Lakukan Pengobatan

Cara untk mengatasi kekurangan gizi salah satunya dapat diatasi dengan melakukan pengobatan secara intensif pada diare yang terjadi akaibat terjadinya infeksi maupun masalah pencernaan lainnya yang berhubungan dengan sistem serap nutrisi pada tubuh yang pada umumnya sering terjadi pada saluran usus, maka dari itu lakukakan semaksimal mungkin penanganan pada gejala kekurangan nutrisi ini.

  1. Perbaiki Asupan Gizi

Salah satu cara mengatasi kekurangan gizi pada balita sakah satunya dengan melakuka penanganan terlebih dahulu pada penderita yang mengalami kekurangan nutrisi tersebut yaitu dengan pemberian nutrisi secara benar dan juga mencukupi, yaitu mulai dari menu yang berkabohidrat seperti nasi, roti dan juga lainnya. selain itu juga perhatikan masalah kandungan asupan vitamin yang dapat diperoleh dari buah dan juga sayur yang segar. Selain itu juga pemberian susu kaya akan nutrisi dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan juga layak untuk dijadikan pilihan untuk memenuhi nutrisi pada tubuh.

  1. Konsultasi Ketempat Terdekat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan konsultasi pada puskesmas atau klinik yang terdekat untuk melakukan konsultasi atau mengetahui makanan apa saja yang dpat diberikan kepada belita. Bisa juga konseling mengenai ASI, MP-ASI dan juga PMT. Maka dari itu ibu diwajibkan untuk mengikuti posyandu dengan rajin.

  1. Melakukan Konsultasi Pada Ahli Gizi

Selanjutbya untuk membantu ngatasi kekurangan gizi pada balita yaitu dengan melakukan konsultasi kepada ahli gizi. Dan hal ini dilakukan apabila dalam waktu 2 bulan tidak ada perubahan kenaikan berat badan pada bayi atau berat badan bayi masih berada dibawah garis merah, maka anda harus segera melakukan konsultasi khusus kepada ahli gizi.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kekurangan gizi pada balita yang dapat anda lakukan dengan cepat. semoga bermanfaat!