Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi secara alami

Cara mengatasi sembelit pada bayi secara alami- Bayi yang mengalami sembelit atau susah buang air besar bukanlah suatu hal yang aneh dan juga fatal karena pada umumnya hal ini sering terjadi pada bayi. Maka untuk mengetahui bayi mengetahui bayi mengalami susah buang air besar ( sembelit ) sangatlah mudah. Bunda dapat melihat ketika bayi tidak buang air besar setidaknya tiga kali dalam seminggu maka kemungkinan sikecil sedang mebgalami sembelit.

Dan cara lain untuk mengatahui sikecil mengalami sembelit atau tidak yaitu dengan melihat kerasnya feses yang dikeluarkan oleh bayi. dan bayi yang mengalami sembelit biasanya akan merasakan sakit pada saat mengejan, sehingga membuat bayi cenderung untuk menunda buang air besar. Selain itu juga bayi yang mengalami sembelit kemungkinan akan sering menangis tiap kali buang air besar. Maka dari itu hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, dan harus segera mengatasinya, karena apabila terus dibiarkan akan berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Maka dari itu cara apa saja yang dapat dilakukan  untuk mengatasi sembelit pada bayi ? simak ulasnnya berikut!

Beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi

Setelah bunda mengetahui tanda- tanda bayi mengalami sembelit maka bunda harus segera mengatasinya baik itu dengan membawa bayi kedokter ataupun mengatasinya dengan cara yang alami. Namun alangkah lebih baiknya jika bunda mengatasinya dengan cara yang alami. Berikut ini beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi secara alami :

  1. Berikan Asi Secara Ekslusif

Bayi yang mengalami sembelit dapat dilakukan dengan cara memberikan ASI ekslusif kepada bayi apabila bayi tersebut diberikan ASI. karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang sempurna seperti lemak dan juga protein. Selain itu juga lemak dan protein yang terdapat pada ASI akan terserap sempurna oleh usus halus sehingga  akan membantu untuk memecah sistem pencernaan dan hal inilah yang dpat membatu bayi terhindar dari sembelit.

  1. Kurangi Kekentalan Susu Formula

Apabila bayi diberikan susu formula maka alangkah lebih baiknya jika mengurangi kekentalan pada saat pembuatan susu tersebut. Karena hal inilah yang dapat memicu terjadinya sembelit. Mungkin hal yang dilakukan ini menyimpang dari aturan pembuatan susu formula yang benar, namun hal ini dilakukan untuk membantu masalah sembelit yang terjadi pada anak.

  1. Pijat Perut Bayi

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi sembelit yaitu dengan memijat perut bayi. melakukan pijatan pada perut bayi merupakan suatu cara tradisional untuk membantu mengatasi sembelit. Sentuhan tangan ibu pada kulit bayi bisa membuat bayi merasa lebih nyaman.

  1. Berikan Cukup Serat

Untuk mengatasi masalah sembelit selanjutnya yaitu dengan memberikan cukup serat apabila bayi tersebut telah diberikan makanan padat dan juga sistem pencernaannya sudah aman ketika diberikan makanan. Maka dari itu untuk membantu mengatasi sembelit maka anda dapat memberikan makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti wortel, beras merah, dan juga makanan lainnya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi secara alami. Semoga bermanfaat!