Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara menurunkan kolesterol secara alami- Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan karena kolesterol terbilang kedalam penyakit yang sangat seriusĀ  yang dapat menyerang siapa saja. Sebenarnya semua orang memiliki kadar kolestrol hanya saja jumlahnya yang berbeda-beda.

Kolesterol itu memiliki dua tipe yaitu kolesterol jahat (LDL) dan juga kolesterol baik (HDL). Dan apabila kolesterol jahat jumlahnya lebih banyak daripada kolesterol baik, maka akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius seperti jantung dan juga stroke. Hal ini terjadi karena pembuluh darah akan mengalami penyempitan dan membuat jantung harus bekerja secara keras untuk dapat memompa darah menuju keseluruh organ tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh yaitu 160-200 mg saja. Kolesterol bisa juga terjadi karena asupan makanan yang tidak baik, misalnya dengan sering mengkonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan, daging kambing dan yang lainnya.

Namun anda tidak perlu khawatir karena kolesterol jahat pun bisa diturunkan agar jumlahnya tidak melebihi kolesterol baik. Maka dari itu banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol, selain itu juga dengan merubah gaya lebih sehat dan juga lebih mengimbangi konsumsi makanan untuk menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol. Adapun beberapa makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi agar membantu menurunkan kolesterol. Simak ulasannya!

Berikut Beberapa Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Yang Dapat Dilakukan

  1. Minum Jus Anggur

Anggur merupakan buah yang banyak digemari semua orang karena rasanya yang enak. Selain memiliki rasa yang enak ternyata anggur juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh terutama untuk membantu menurunkan kolesterol. Karena kandungan antioksidan seperti piceatannol dan resveratrol dapat mengahasilkan fitonutrien yang terbukti sebagai zat anti mikroba. Selain itu juga kandungan antioksidannya yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Jadi bagi anda yang memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi disarankan untuk mengkonsumsi jus anggur minimal sehari sekali secara rutin.

  1. Minum Air Jeruk Nipis Pada Pagi Dan Juga Malam Hari

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Dan seperti yang telah kita ketahui bahwa antioksidan juga dapat membantu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Maka dari itu bagi yang mmiliki kadar kolesterol yang tinggi disarankan untuk mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat dipagi hari saat bangun tidur dan juga malam hari menjelng tidur. Dan lakukan hal ini secara rutin agarkadar kolesterol dalam tubuh cepat menurun.

  1. Kulit Manggis

Manggis yaitu buah yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, selain buahnya yang memiliki rasa yang enak ternyata kulitnya pun memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. kulit manggis memiliki kandungan xanthone yang merupakan anti kanker dan juga antioksidan. Maka dari itu anda dapat mengkonsumsi ekstra kulit manggis yang sudah banyak ditemukan dipasaran atau membuatnya sendiri untuk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang jahat.

  1. Jus Jambu Biji Merah

Jambu biji merah memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti antioksidan, fitonutrien, vitamin A,vitamin C,vitamin B3, vitamin B6 dan kalium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. dan disarankan untuk mengkonsumsi jus jambu biji merah secara rutin agar kadar kolesterol dalam tubuh cepat menurun.

  1. Mengkonsumsi Brokoli

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi maka disarankan untuk rajin untuk mengkonsumsi brokoli. Karena brokoli mengandung serat yang tinggi yang berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh. karena brokoli akan membantu untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu penyakit yang ada didalam tubuh akan segera hilang.

  1. Mengkonsumsi Oatmeal

Oatmeal yaitu makanan yang kaya akan serat yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat dan kolesterol LDL. Maka anda dapat memulai untuk mengkonsumsi oatmeal sebagai kebiasaan agar kadar kolesterol dapat menurun dengan cepat.

  1. Hindari Makanan Tinggi Lemak

Untuk mencegah agar kolesterol jahat dalam tubuh tidak bertambah, maka kita harus memperhatikan setiap makanan yang masuk kedalam tubuh. dan kita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat karena makanan sehat mutlak diperlukan untuk tubuh kita. jika tidak maka kadar kolesterol dalam tubuh akan semakin bertambah.

  1. Olahraga

Salah satu cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menuerunkan kolesterol yaitu dengan cara berolahraga. Karena dengan melakukan olahraga maka kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat. Dan olahraga yang dilakukan pun tidak harus olahraga yang dapat membebani tubuh. cukup dengan olahraga yang ringan seperti bersepeda, jalan sehat, jogging, dan juga berenang. Maka dengan melakukan olahraga secara rutin kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat dan akan membunuh kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.

  1. Mengkonsumsi Biji-Bijian

Nutrisi yang terdapat pada biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel didalam tubuh dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik itu dari luar maupun dari dalam tubuh. nutrisi yang terdapat pada biji-bijian untuh dianataranya protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, selium dan juga vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan, tak terkecuali juga untuk membantu menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh.

  1. Mengkonsumsi Bekatul

Dan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat diantaranya yaitu dengan mengkonsumsi bekatul. Bekatul yaitu sisa gilingan padi yang kedua. Pada saat menggiling padi maka kulit padi akan terpisah dan itulah yang dapat memiliki manfaat yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Yang memiliki peran untuk menurunkan kolesterol yang terdapat pada bekatul yaitu kandungan tokotrienol yang berfungsi untuk menghambat kerja enzim yang dapat menimbun kolesterol dalam tubuh. selain itu juga bekatul memiliki serat pangan yang baik yang dapat memperlancar pencernaan. Karena kemampuan serat pangan yang terdapat pada bekatul dapat membantu untuk mengikat asam ampedu yang nantinya dpat keluar bersama dengan tinja.

Cara mengkonsumsi bekatul:

  • Bekatul dapat di konsumsi dengan dua cara, yaitu dengan cara kukus bekatul selama 30 menit, keringkan dan langsung dapat dikonsumsi.
  • Sangrai bekatul tanpa minyak selama 10 menit, dan bekatul pun siap untuk dikonsumsi.
  1. Istirahat Dengan Cukup

Cara lain yang dapat membantu untuk mencegah dan juga menurunkan kolesterol jahat maka sebaiknya anda harus beristirahat dengan cukup yaitu tidak kurang dari 8 jam dalam sehari. Karena menurut penelitian ketika seseorang tidur kurang dari 6 jam perhari dapat mengurangi kolesterol berlebihan. Dan jika tidur siang lebih dari 30 menit perhari akan membuat kolesterol lebih tinggi. Maka dari itu tidurlah 8 jam perhari dengan 7 jam 30 menit dimalam hari dan juga 30 menit disiang hari.

Nah, itulah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang dapat dijadikan referensi bagi anda yang memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi. Semoga bermanfaat!