Cara Merawat Bayi Premature

Cara merawat bayi premature- Proses melahirkan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. Meskipun proses melahirkan merupakan suatu proses yang terkadang membuat ibu hamil khawatir, cemas dan juga menyenangkan. Setiap ibu hamil pasti menginginkan proses persalinan yang normal dan menginginkan keadaan bayi yang  sehat dan juga baik-baik saja. Namun tidak semua bayi yang lahir keduna ini dapat lahir dengan semulus yang dibayangkan orang tuanya salah satunya yaitu bayi yang lahir dengan kondisi premature.

Bayi premature merupakan suatu kondisi dimana bayi dilahirkan pada saat usia kandungan belum  sesuai dengan waktu melahirkan normal. selain itu juga cara merawat bayi yang terlahir secara premature  berbeda dengan bayi yang terlahir normal atau sesuai dengan waktu untuk melahirkan. Karena bayi premature memiliki cara yang khusus untuk merawatnya dirumah. Lalu cara khusus apa yang dialakukan untuk merawat bayi premature ? simak ulasannya berikut !

Berikut ini beberapa cara merawat bayi premature yang dapat bunda lakukan, diantaranya

  1. Siapkan Kamar Bayi Yang Bersih Dan Juga Aman

Bayi yang terahir secara premature maka akan rentan terkena berbagai infeksi dan juga berbagai penyakit karena bayi premature memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna. Maka dari itu disarankan untuk menjauhkan bayi dari lingkungan yang bisa terkena polusi dengan debu, asap rokok, dan juga orang yang sedang sakit.

  1. Atur Suhu Kamar

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk merawat bayi premature yaitu dengan mengatur  suhu kamar pada 26 hingga 27 derajat Celsius. Hal ini harus dilakukan agar suhu tubuh badan bayi tetap dalam keadaan stabil.

  1. Lingkungan Yang Tenang

Salah satu cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk merawat bayi yang terlahir premature yaitu dengan menciptakan lingkungan yang selalu kondusif agar bayi dapat tidur dengan nyenyak dan juga dengan tenang. Selain itu juga anda harus mengatur pencahayaan untuk tidak terlalu terang dan anda juga harus sebisa mungkin untuk menghindari suara kebisingan. Karena bayi yang premature membutuhkan waktu untuk tidur lebih lama dibandingkan dengan bayi yang terlahir secara normal. karena waktu tidur yang berkualitas dapat membantu untuk memacu hormon pertumbuhan dan juga perkembangan sel otak bayi agar optimal.

  1. Melakukan Program Asi Ekslusif Pada Bayi

Selanjutnya cara untuk merawat bayi premature yaitu dengan melakukan program ASI eksklusif pada bayi. karena ASI merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat membantu untuk menambah berat badan serta menjaga daya tahan tubuh pada sikecil. Maka dari itu sebaiknya bunda memberikan ASI sedikit demi sedikit pada bayi premature, karena bayi premature tidak bisa langsung menyusu.

Nah, itulah beberapa cara merawat bayi premature yang dapat bunda lakukan. Semoga bermanfaat!