Cara Merawat Bayi Premature 8 Bulan

Cara merawat bayi premature 8 bulan- Proses melahirkan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu –tunggu oleh ibu hamil. Melahirkan bayi yang normal dan juga sehat merupakan dambaan setiap ibu hamil, namun bila takdir berkata lain yaitu bayi yang berada didalam kandungan harus dilahirkan secara premature atau bayi baru menginjak usia 8 bulan , dan tentunya hao ini membuat orang tua menjadi cemas akan kesehatan dan juga keselamatan sikecil setelah dilahirkan.

Namun bunda jangan khawatir karena sikecil dapat dilakukan perawatan agar kondisinya cepat kembali normal. akan tetapi jika melakukan perawatan dirumah sakit tentu saja akan menghabiskan banyak uang dan juga belum tentu menjadi hal yang baik, maka alangkah lebih baiknya jika bunda melakukan perawatan dirumah. lalu bagaimana cara merawat bayi premature 8 bulan ? simak ulasnnya !

Berikut ini beberapa cara merawat bayi premature 8 bulan, diantaranya

  1. Menerapkan Metode Kmc (Kangaroo Mother Care) Pada Bayi

Kmc merupakan suatu metode hubungan ibu dan anak yang dilakukan seperti induk kanguru  yang menyimpan anaknya didalam kantong perutnya. Bila bayi premature memiliki berat 2,5 kg maka metode ini dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini dilakukan agar bayi mendapatkan kehangatan dan juga sentuhan dari seorang ibu.

  1. Rutin Kedokter

Car selanjutnya yang dapat dilakukan untuk merawat bayi premature dirumah yaitu melakukan perawatan atau pengontrolan ke dokter. Bagi para orang tua terutama ibu maka disarankan untuk selalu memeriksa bayi premature kedokter kesehatan sehingga semakin baik dan juga agar dpat berkembang dengan normal.

  1. Memberikan Stimulasi Dan Menjemur Bayi Pada Pagi Hari

Untuk membantu merawat bayi premature maka salah satunya yaitu dengan rutin memberikan stimulasi pada bayi, sehingga dapat memberikan kemajuan kesehatan pada bayi premature , maka bunda dapat melakukan sentuhan dan juga beberapa pijitan, selain itu juga bunda juga dapat memberikan suara –suara yang lembut yang dapat memancing daraf otak dan juga pada tubuh bayi yang dapat membuat bayi menjadi nyaman dan juga relaks.

  1. Siap Siaga

Pada saat melakukan perawatan bayi premature dirumah, maka para orang tua terutaama ibu harus saling siap siaga  pada saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan pada bayi yang premature. Selain itu juga bayi yang mengalami premature haru diberikan perhatian lebih agar bisa tetap terjaga dengan baik hingga dapat tumbuh secara normal kembali.

  1. Memberikan Asi Ekslusif

Untuk melakukan perawatan bayi premature dirumah maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan ASI secara ekslusif pada bayi yang mengalami premature, karena ASI merupakan obat yang paling mujarab  bagi kesehatan bayi, terutama untuk bayi yang premature.

Nah, itulah beberapa cara merawat bayi premature 8 bulan. semoga bermanfaat !