Cara merawat payudara setelah lahir dan menyusui

Kehamilan dan persalinan akan mengubah sikap wanita. Perubahan ini juga karena perubahan hormon dalam tubuh. Wanita fisik yang baru saja melahirkan tentu tidak sama seperti sebelumnya. Banyak wanita mengeluhkan perubahan berat badan atau kesehatan postpartum. Ini mengandung kesehatan dan keteguhan payudara. Untuk menghindari semua ini, perawatan khusus tubuh dan kulit wanita diperlukan agar tetap sehat dan bugar bahkan setelah lahir.

Namun saat ini ada banyak wanita yang mengambil jalan pintas untuk merawat tubuh mereka, salah satunya mengambil produk pelangsing atau obat-obatan yang dapat mengencangkan dada. Ini tentu harus dihindari karena kita tidak pernah tahu bahan apa yang digunakan untuk membuat obat-obatan ini. Oleh karena itu, lebih baik memperlakukannya dengan cara yang jelas aman seperti mengkonsumsi makanan pembesar payudara yang sehat. Ini adalah beberapa cara merawat payudara setelah melahirkan yang dapat dengan mudah dilakukan di rumah.

1. Jagalah kebersihan dada

Cara merawat payudara agar tetap sehat setelah melahirkan adalah menjaga kebersihan payudara. Agar tetap bersih, Anda bisa melakukan proses pembersihan, bahkan pada puting. Caranya adalah dengan mencuci dengan air hangat. Penting untuk menghindari bakteri dan kotoran yang melekat pada puting, karena masih ada bayi yang hanya perlu menyusui.

2. Dengan bra yang nyaman

Cara kedua untuk merawat payudara setelah lahir adalah memakai bra yang memberikan kenyamanan. Bra tidak boleh terlalu kecil dan tidak boleh terlalu besar, karena dapat mempengaruhi kenyamanan yang ada. Juga gunakan bra yang kuat untuk menahan dada. Jika perlu, bra khusus juga lebih baik untuk menyusui.

3. Ramuan pepaya

Ramuan pepaya telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan payudara setelah melahirkan. Ini karena pepaya memiliki enzim yang bagus untuk mengobati dan meratakan payudara. Selain itu, ramuan pepaya ini juga bermanfaat untuk memulai susu, sehingga proses menyusui bayi dapat dilakukan tanpa masalah.

Caranya juga sangat sederhana, yaitu jus pepaya yang telah dicampur dengan air jeruk nipis dan juga jus atau susu kedelai. Juga tambahkan sekitar 1 sendok makan madu. Konsumsi ramuan ini secara rutin hingga 2 kali per hari.

4. Memijat payudara dengan teknik liposase

Payudara juga bisa diobati setelah melahirkan melalui teknik pijat liposema. Tujuan pijat adalah untuk menegaskan kembali payudara dan juga sehat. Pijatan memfasilitasi sirkulasi darah di sekitar payudara sehingga susunya juga lembut. Selain itu, pijatan juga memiliki efek yang bagus untuk menyehatkan payudara setelah menyusui.

5. Dengan masker mentimun timun dan telur

Cara merawat payudara setelah lahir adalah masker payudara yang terbuat dari bahan alami. Tujuannya adalah untuk memperkuat dan menjadi sehat juga. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana, misalnya, mentimun dan kuning telur.
Caranya adalah dengan meratakan mentimun dan mencampurnya dengan telur (hanya mengambil kuning telur). Kemudian gunakan bahan-bahan yang disikat di dada dan diamkan selama 30 menit agar manfaatnya tenggelam. Bilas air hangat.

6. Latihan push-up

Olahraga juga merupakan cara untuk merawat payudara setelah lahir. Latihan yang disarankan adalah push-up. Latihan ini dapat membantu menegangkan otot-otot di sekitar dada. Selain itu, otot-otot punggung dan dada akan berfungsi maksimal, sehingga bagian atas tubuh diperkuat. Aliran darah ke payudara juga menjadi lebih cair, sehingga susunya menjadi lebih cair.

7. Tangani air dingin dan air hangat

Perawatan payudara setelah lahir juga bisa dilakukan dengan air dingin dan air hangat. Caranya adalah dengan membilas air dingin di dada. Lalu ganti dengan air hangat. Tunggu sebentar dan ulangi prosesnya beberapa kali. Lakukan perawatan ini saat mandi. Ini akan membantu memperlancar sirkulasi di sekitar payudara dan mencegah sinus jatuh setelah lahir.

8. baju renang

Cara merawat kelahiran berikutnya di sekitar payudara, adalah kelompok pelatihan. Berenang membantu nada otot-otot tubuh bagian atas (dada, perut, lengan). Ini pasti akan berdampak baik pada dada, membuat mereka tegang dan sehat. Tetapi lakukan latihan ini setelah tubuh Anda pulih setelah melahirkan dan setelah melahirkan.

9 Lakukan pemijatan dengan minyak dan minyak buah lemon

Seperti yang dijelaskan di atas, Anda dapat melakukan pijat payudara untuk menjaga kesehatan payudara. Untuk memaksimalkan hasil dan meningkatkan kenyamanan selama pijat, minyak serai yang dicampur dengan minyak juga bisa digunakan. Kedua minyak membantu melembabkan kulit di sekitar payudara dan menyuburkan payudara.

10. Menggunakan masker payudara dengan ganggang

Menurut topeng telur dan mentimun yang dijelaskan di atas, masker dari bahan alami lain yang dapat digunakan dapat berupa alga dan ganggang. Kedua bahan dari laut ini memiliki sifat untuk dada. Kedua bahan tersebut dapat menarik payudara setelah lahir, meninggalkan payudara yang sehat.

11. Gunakan masker dengan tepung beras

Topeng lain yang bisa digunakan untuk mengencangkan payudara setelah lahir adalah tepung beras. Jalur yang bisa dilakukan juga sangat sederhana. Saat ini ada masker tepung beras yang dijual dalam bentuk topeng jadi. Gunakan pabrik secara teratur seminggu sekali.
Jika Anda tidak dapat menemukan masker tepung beras yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat masker Anda sendiri. Caranya adalah dengan merendam nasi di malam hari. Saring nasi dan biarkan mengering. Setelah kering, tumbuk sampai halus. Gunakan bedak sebagai masker (dicampur dengan air mawar). Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Dengan bra khusus

Untuk merawat payudara setelah melahirkan, pemilihan bra yang nyaman juga bisa dicapai dengan menggunakan bra khusus yang dapat mengangkat payudara sehingga payudara menjadi lebih kencang dan mencegahnya melonggar. Bra biasanya disebut sebagai bra push-up. Bra jenis ini akan membantu mengangkat payudara untuk mempertahankan kekencangannya.

13. Memakai topeng putih

Jika masker hanya digunakan dari kuning telur, protein juga dapat digunakan untuk perawatan payudara. Keuntungan protein adalah memeras payudara. Tetapi lebih baik menggunakan telur ayam. Triknya adalah mengalahkan ayam putih seperti telur berbusa dan kaku. Gunakan pemukul untuk topeng. Biarkan bilas dengan air bersih selama sekitar 15 menit sebelum dibilas.

14. Latihan olahraga

Selain push-up dan berenang adalah olahraga lain yang memiliki kelebihan yang sama, angkat beban. Tentu saja, bebannya tidak terlalu berat. Hanya gunakan berat sekitar 1 kg, hanya untuk memperkuat dan mengencangkan otot-otot di sekitar lengan dan dada. Atau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu jenis berat apa yang diperbolehkan. Karena itu, otot dan jaringan mammae akan mendapatkan manfaat yang baik, membuat mereka lebih kencang dan sehat.

15. Pertahankan asupan makanan

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk merawat payudara setelah lahir adalah makan makanan bergizi dan menenangkan untuk menyehatkan tubuh. Makanan bergizi juga menjaga elastisitas kulit, termasuk kulit dan jaringan di sekitar payudara. Nutrisi yang baik bagi ibu untuk merawat payudara setelah lahir adalah vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Selain itu, jangan lupa untuk meningkatkan asupan air yang cukup setiap hari.