Ciri Anak Kurang Gizi

Ciri anak kurang gizi- Memberikan asupan gizi yang baik pada anak sangatlah penting dilakukan sejak anak masih balita. karena pemberian makanan yang sehat akan membantu proses pertumbuhan dan perkembangan fisik anak maupun pertumbuhan kecerdasan pada anak. Namun banyak pula orang tua yang memberikan makanan yang memiliki gizi yang kurang kepada anaknya. Dan hal inilah yang menyebabkan anak mengalami kekurangan gizi.

Maka dari itu untuk mengatasi agar anak tidak kekurangan gizi maka orang tua harus memberikan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik. dan biasanya anak yang mengalami gizi yang buruk akan terlihat berbeda dari anak anak yang memiliki gizi yang baik dan biasanya memiliki ciri-ciri tersendiri. Lalu apa saja ciri anak kurang gizi ? simak ulasnnya !

Berikut beberapa ciri anak kurang gizi yang harus diketahui, diantaranya

  1. Terkena Penyakit Kurang Nutrisi

anak yang mengalami kurang gizi biasanya mudah untuk terkena penyakit yang disebabkan oleh kurangnya nutrisi. Dan biasanya kondisi ini terjadi pada anak yang berada didaerah pedalaman. Dan ada dua jenis penyakit yang disebabkan karena kurangnya nutrisi seperti penyakit marasmus dan juga penyakit kwashiorkor.

  1. Anak Menjadi Sangat Rewel

Anak yang kurang gizi akan membuatnya menjadi sangat rewel. Hal ini karena disebabkan karena nutrisi penting seperti mineral, vitamin, dan juga kalori yang membuat tubuh menghasilkan hormone dan enzim khusus yang dpat berpengaruh terhadap emosi anak.

  1. Tubuh Terasa Dingin

Anak yang mengalami kurang gizi maka akan selalu merasakan tubuh yang dingin terus-menerus. Rasa rasa dingin ini bukan karena disebabkan oleh tubuhnya yang demam, tetapi dikarenakan tubuh kurang lemak sehingga dapat  mempengaruhi suhu tubuh yang normal. dan terlebih lagi untuk anak yang memiliki berat badan yang kurang maka ia akan merasakan sangat dingi apalagi ketika disentuh.

  1. Mudah Sakit

Anak yang mengalami kurang gizi biasanya akan sangat mudah untuk terkena penyakit dan juga infeksi, hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh anak menurun. Hal ini terjadi karena tidak ada nutrisi seperti vitamin dan juga mineral yang masuk kedalam tubuh yang dapat menjaga sistem kekebalan. Selain itu juga anak tidak memiliki sumber energi yang bisa menjadi bahan daya tahan tubuh sehingga mencegah berbagai sumber penyakit.

  1. Sulit Untuk Berkonsentrasi

Anak yang mengalami kekurangan gizi maka akan sangat sulit untuk dapat berkonsentrasi. Hal ini terjadi karena anak tersebut tidak memiliki daya konsentrasi yang cukup. Dan ketika diajak untuk berkomunikasi anak yang mengalami kurang gizi akan sangat sulit untuk merespon dan memberikan tanggapan dengan cepat. Selain itu juga tidak tanggap dalam menarima perintah yang diberikan.

Nah, itulah beberapa ciri anak kurang gizi yang sangat mudah untuk diketahui. Semoga bermanfaat !