Ciri- Ciri Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Ciri- ciri alergi susu sapi pada bayi- Pemberian ASI pada anak merupakan satu hal penting untuk membantu tumbuh kembang anak, namun ketika bunda tidak dapat memberikan ASI pada bayi maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan susu formula sebagai alternative. Susu formula berasal dari susu sapi yang biasanya sering menyebabkan bayi terkena alergi dengan cepat apabila tidak cocok pada saat mengkonsumsinya. Dan ketika terjadinya alergi pada bayi itu menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh sang bayi menjadi melemah sehingga tidak dapat menerima protein yang terdapat pada susu sapi tersebut.

Maka dari itu protein yang terdapat pada susu sapi ini akan menyebabkan tubuh bayi terkena berbagai gejala yang akan membuat bayi menjadi rewel dan menangis terus –menerus. Maka dari itu bunda harus segera melakukan tidakan untuk menghindari terjadinya alergi pada bayi. Namun sebelum melakukan pengobatan maka alangkah lebih baiknya apabila bunda mengetahui terlebih dahulu ciri- ciri alergi yang terjadi pada bayi. Lalu apa saja yang ciri-cirinya? Simak ulasannya !

 Berikut ini beberapa ciri-ciri alergi susu sapi pada bayi yang dapat bunda ketahui

  1. Batuk Pada Bayi

Ketika tubuh bayi menolak zat asing yang terkandung pada susu sapi maka akan mengakibatkan bayi menjadi batuk, karena bayi memiliki sisitem pernapasan yang masih sensitif, selain itu juga batuk yang akan dialami bayi yaitu bisa batuk berdahak ataupun batuk kering. Batuk yang dilami oleh bayi akan terlihat sangat sakit ketika bayi sedang menangis. Dan bayi juga akan lebih sering batuk terutama setelah bayi meminum susu.

  1. Nafas Pada Bayi Berbunyi

Bayi yang mengalami alergi susu sapi salah satunya dapat ditandai dengan napas bayi yang berbunyi. Napas bayi yang berbunyi disebabkan karena bayi mengalami kesulitan untuk bernapas. Karena pada dasarnya saluran pernapasan akan memberikan suatu reaksi alergi  dengan cepat karena pada bagian ini terdapat banyak lendir. Lendir tersebut dihasilkan oleh salutan pernapasan namun apabila berlebihan akan membuat bayi menjadi tidak nyaman. selain itu juga keselitan bernapas akan menjadi salah satu gejala asma pada bayi maka dari itu harus dilakukan pemeriksaan lainnya yang  sangat diperlukan.

  1. Diare

Ciri- ciri bayi mengalami alergi susu sapi lainnya yaitu bayi mengalami diare. Diare yang dialami oleh bayi yang alergi susu sapi ini akan sangat cepat terjadi setelah bayi meminum susu sapi. Hal ini terjadi karena saluran pencernaan bayi tidak dapat menerima  baha gula alami atau senyawa yang dihasilkan dalam susu sapi. Ada juga beberapa susu sapi yang mengandung pemanis buatan dengan kadar yang rendah, namun hal ini tetap saja tidak dapat diterima oleh bayi yang mengalami alergi susu sapi. Alergi susu sapi yang terjadi pada bayi akan membuat bayi terlihat lebih lemas.

  1. Perut Kembung

Bayi yang mngalami alergi susu sapi tentu saja akan membuat sistem pencernaannya menolak atau membuatnya tidak nyaman. Maka kondisi inilah yang akan membuat perut bayi menjadi kembung dan menyebabkan terjadinya mual dan juga muntah pada bayi. seain itu juga kondisi ini mmebuat bayi sulit untuk buang gas sehingga membuat perut bayi menjadi lebih kembung dan membuat bayi menjadi rewel.

Nah, itulah beberapa ciri- ciri alergi susu sapi pada bayi yang sering terjadi. Semoga bermanfaat!