Ciri-ciri anak kurang gizi

Ciri-ciri anak kurang gizi- Gizi merupakan suatu subtansi organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengoptimalkan perkembangan tubuh. Selain itu juga subtansi organik juga diperlukan oleh sistem tubuh untuk membantu mengoptimalkan fungsi sistem dalam tubuh dari virus dan juga bakteri.

Selain itu juga gizi merupakan suatu bagian dari proses pertumbuhan dan juga perkembangan anak, maka dari itu bunda harus memenuhi kebutuhan gizi yang akurat untuk tumbuh kembang anak dan juga sebagai sumber daya manusia untuk diwaktu yang akan datang. Agar anak mendapatkan asupan gizi yang baik dan tidak kekurangan gizi (malnutrisi) maka bunda dapat memberikan makanan yng memiliki gizi yang baik. Karena anak yang kekurangan gizi dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu juga anak yang kurang gizi akan terlihat berbeda dengan anak yang mendapatkan asupan gizi yang baik. Maka dari itu bunda dapat melihat ciri-ciri anak kurang gizi agar dapat membantu mengatasinya dengan baik. lalu apa saja ciri-ciri anak kurang gizi?simak ulasannya!

Berikut ini ciri-ciri anak kurang gizi yang harus bunda ketahui

  1. Mudah Lelah

Ciri pertama yang dapat diketahui yaitu anak yang mengalami kekurangan gizi akan mudah rewel dan juga terlihat pucat, lemah, dan juga lemas ketika ia beraktifitas. Hal ini terjadi dikarenakan anak kekurangan zat besi.

  1. Daya Tahan Tubuh Berkurang

Anak yang mengalami kekurangan gizi akan sangat mudah sakit. Hal ini terjadi dikarenakan daya tahan tubuh anak berkurang, sehingga membuat anak mudah terkena penyakit dan juga infeksi.

  1. Kehilangan Kekuatan Otot

Kekurangan vitamin D, dapat menyebabkan pertumbuhan tulang pada anak tidak dapat tumbuh dengan sempurna, melemah, dan juga mengalami kelainan pada tulang. Maka dati itu anak akan merasakan nyeri pada bagian otot atau pada bagian tulang. Sehingga apabila ini dibiarkan akan membuat keadaan semakin parah.

  1. Kulit Kering

Anak yang mengalami kurang giziĀ  dapat juga terlihat dari kulit. Kulit anak yang kurang gizi akan terlihat kusam,bersisik dan sepertiĀ  pecah-pecah. Dan hal ini terjadi karena tubuh anak yang tidak memiliki protein yang cukup untuk menjaga kesehatan sel kulit .

  1. Hilang Nafsu Makan

Anak yang mengalami kurang gizi akan tidak berselera untuk makan atau kehilangan nafsu makan, dan ini akan membuat tubuh anak menjadi lebih melemah karena tidak adanya zat besi atau asupan gizi lainnya ang terdapat pada tubuh.

  1. Sulit Mengontrol Emosi

Anak yang kekurangan gizi atau malnutrisi biasanya cenderung untuk tidak biasa untuk mengontrol emosi atau lebih cenderung mengalami gangguan emosional,dan juga mudah marah.

  1. Berat Badan Tidak Normal

Dan yang selanjutnya ciri anak yang mengalami malnutrisi atau mengalami kekurangan gizi maka beeat badan akan mengalami penurunan secara tiba- tiba. Dan ini terjadi karena anak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah, itulah ciri-ciri anak kurang gizi yang wajib untuk bunda ketahui. Semoga bermanfaat !