Ciri- Ciri Bayi Alergi Dan Cara Mengatasinya

Penyebab bayi alergi dan cara mengatasinya- Memiliki bayi yang sehat merupakan salah satu dambaan setiap orang tua, namun tidak semua bayi sehat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh setiap orang tua, salah satunya yaitu bayi yang mengalami alergi. Alergi yaitu suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang dihirup, disuntuk ataupun tertelan bahkan sapat juga tersentuh. Alergi yang terjadi pada bayi merupakan suatu hal yang sering terjadi pada bayi.

Alergi yang terjadi pada bayi harus segera diatasi oleh bunda karena apabila dibiarkan akan membuat bayi merasakan hal yang tidak nyaman, namun sebelum mengatasinya bunda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri terjadinya alergi pada bayi. lalu apa saja yang ciri- ciri terjadinya laergi pada bayi ? simak ulasannya berikut !

Berikut ini beberapa ciri- ciri bayi alergi dan cara megatasinya yang dpat bunda ketahui, diantaranya

  1. Bayi Mencret

Salah satu ciri-ciri bayi yang mengalami alergi yaitu dapat ditandai dengan bayi yang mengalai mencret. Bayi yang mengalami alergi biasanya perut akan terlihat kembung serta kotoran bayi lebih cair dan juga buang air besar lebih sering dibanding biasanya, namun tidak disertai dengan lendir ataupun darah.

  1. Bayi Rewel

Bayi yang mengalami alergi cenderung akan rewel karena ia merasakan hal yang tidak nyaman pada tubuhnya. Salah satunya yaitu bayi merasakan kembung pada bagian perut dan juga mulas sehingga membuatnya menadi tidak nyaman.

  1. Bayi Mengalami Gatal

Bayi yang mnegalami biasanya akan disertai dengan gatal dan juga bisuran ataupun estrim pada kulit yang membuat bayi merasakan hal yang membuatnya sangat tidak nyaman.

Selain beberapa ciri-ciri yang telah disebutkan tadi ada juga cara untuk mengatasinya yang dapat dilakukan yaitu :

  1. Hentikan Pemberian Makanan Yang Menyebabkan Alergi

Apabila bayi trsebut telah dikasih makan , maka alangkah lebih baiknya jika menghentikan pemberian makanan yang dapat menyebabkan bayi mengalami alergi seperti putih telur, ikan laut dan juga kacang tanah.

  1. Mengkonsumsi Makanan Berbahan Dasar Beras

Berikutnya yang  dapat dilkukan untuk membantu mengatasi alergi pada bayi yaitu dengan mulailah memberikan makanan yang berbahan dasar tepung beras dan juga makanan yang berbahan dasr kacang hijau, dan dapat dikonsumsi dengan menambahkan ASI , air taupun dengan menambahkan susu formula.

  1. Memberikan Sumber Protein

Apabila bayi sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanna ang mengandung protein maka di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber protein seperti berasal sari unggas ataupun dari sapi serta makanan yang mengandung protein nabati. Sperti kacang merah dan lainya.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri dan cara mengatasi alergi Pada bayi. semoga bermanfaat!