Ciri- ciri Kurang gizi pada balita

Ciri-ciri kurang gizi pada balita- Kekurangan gizi berarti menandakan bahwa tubuh dalam kondisi kekurangan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, baik itu makanan yang mengandung kalori, vitamin, maupun mineral . dan apabila hal ini terus menerus dibiarkan maka akan membuat kita mengalami gizi buruk yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan membuat tubuh menjadi kerusakan fungsi vitalnya.

Selain itu kekurangan gizi yang terjadi pada anak akan menghambat perkembangan dan juga pertumbuhan pada anak, maka dari itu gizi buruk dapat menyebabkan munculnya beberapa kondisi yang Nampak memprihatinkan . maka dari itu kita harus mengatahui ciri-ciri kurang gizi yang terjadi pada balita. Karena semakin cepat kita mengetahui ciri-ciri kurang gizi pada balita maka akan semakin cepat untuk kita dapat menanganinya.lalu ciri- ciri apa saja yang terjadi pada balita yang kurang gizi?simak ulasan berikut !

Berikut ini ciri-ciri kurang gizi pada balita yang harus diketahui, diantaranya

  1. Kegagalan Dalam Pertumbuhan

Yang menjadi ciri-ciri kurang gizi pada balita salah satunya yaitu kegagalan dalam pertumbuhan. Anak yang mengalami gizi buruk yaitu pertumbuhan yang tidak sesuai dengan usianya. Baik itu tinggi badan, maupun berat badan, dengan demikian anak akan terlihat lebih kurus ataupun pendek. Berat badan yang dimiliki balita yang berada dibawah normal merupakan salah satu awal terkena gizi buruk.

  1. Rewel

Anak yang mengalami gizi buruk biasanya gampang sekali untuk marah, menangis berlebihan atau rewel.hal ini terjadi dikarenakan perubahan perilaku seperti terjadinya kecemasan, kurang memiliki respon yang biasanya dialami oleh anak yang mengalami gizi buruk.

  1. Kulit Kering Dan Juga Rambut Kusam

Anak yang mengalami gizi buruk biasanya akan terlihat dari kulit yang dimilkinya yaitu kulitnya akan terlihat bersisik dan juga kering. Selain itu juga rambut pun akan terlihat kusam dan juga mudah rontok.

  1. Melemahnya Otot Menyebabkan Mudah Terjatuh

Selanjutnya yaitu tanda kurang gizi pada balita yaitu balita akan mudah untuk terjatuh karena otot melemah. Dan ini akan sangat mengganggu aktifitas balita. karena aktifitas membutuhkan tubuh dan otot yang kuat maka dari itu anda disarankan untuk menjaga tubuh anda agar gizi anda tetap baik.

  1. Bengkak Pada Perut Dan Kaki

Anak yang mengalami kurang gizi bagian perut dan kaki akan terlihat bengkak. Hal ini terjadi karena karena kurangnya otot-otot perut dan menyebabkan isi perut menonjol keluar dan membuat perut menjadi bengkak. Dan begitu pun dengan kaki yang bengkak karena edema, hal tersebut terjadi karena kurangnya nutrisi pada tubuh. dan kedua gejala tersebut sangat terlihat pada anak yang mengalami gizi buruk.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kurang gizi pada balita yang wajib untuk diketahui agar dapat ditangani dengan cepat. Semoga bermanfaat !