Ciri-Ciri Penyakit Jantung Yang Perlu Di Waspadai

Siapa yang tidak tahu dengan penyakit yang satu ini? Ya, penyakit jantung yang merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ tubuh manusia dan mempunyai resiko kematian sangat tinggi yang jumlahnya semakin meningkat.

Pasalnya penyakit ini tidak hanya menyerang orang-orang lanjut usia saja, akan tetapi kepada orang yang masih dalam proses pertumbuhan juga. Hal ini dikarenakan pola hidup yang kurang baik serta kurangnya aktivitas fisik dan stress.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa aktivitas yang mereka lakukan itu tidak baik dan dapat beresiko pada kematian. Oleh sebab itu kenalilah sejak dini ciri-ciri dari penyakit jantung untuk menghindari terjadinya serangan jantung secara mendadak yang beresiko pada kematian.

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri-ciri dari gejala terserangnya penyakit jantung? Berikut merupakan ulasannya

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Jantung Yang Perlu Diketahui

  1. Merasakan Nyeri Dibagian Dada

Rasa nyeri didada adalah salah satu gejala awal dari penyakit jantung, namun tidak semua rasa nyeri pada dada adalah ciri dari penyakit jantung. Hal ini terjadi karena terjadinya penyumbatan pada arteri yang membuat aliran darah ke atot jantung terhambat dan menyababkan rasa nyeri di dada.

  1. Rasa Nyeri Pada Lengan Bagian Kiri

Gejala berikutnya yaitu merasakan nyeri pada lengan bagian kiri, hal ini karena lengan kiri berada dekat dengan jantung. Rasa nyeri ini terjadi selama beberapa menit atau bisa sampai beberapa jam dan sebelumnya pun sering merasa nyeri pada bagian dada, maka anda harus berhati-hati dan segera konaultasikan ke dokter.

  1. Merasa Pusing Dan Jantung Berdebar

Jika anda sering merasakan pusing yang disertai dengan jantung berdebar ketika terkena pancaran sinar matahari, maka anda harus mewaspadainya. Karena bisa saja ini merupakan salah satu ciri dari penyakit jantung. Apalagi jika terjadi migrain sekurang-kurangnya 2 kali dalam sebulan patut diwaspadai, terutama bagi wanita.

  1. Sesak Nafas Dan Tidak Teraturnya Denyut Jantung

Terjadinya sesak nafas karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga darah tidak mengalir  seperti semestinya. Hal ini juga dapat mengakibatkan terjadinya penebalan pada jantung dan tidak teraturnya denyut jantung serta kelainan pada katup jantung.

  1. Rasa Mual

Rasa mual ini dapat terjadi karena terjadinya pembengkakan pada bagian perut yang mengakibatkan kurangnya nafsu makan serta terjadi rasa mual yang berlebih. Apalagi jika dibarengi dengan rasa pusing, sesak nafas, nyeri bagian dada, maka anda harus segera konsultasikan ke dokter.

  1. Keluar Keringat

Keluar keringat saat berolahraga itu wajar. Namun jika anda mengeluarkan keringat walau tidak melakukan aktivitas apapun, itu harus anda waspadai, karena bisa saja itu merupakan ciri dari penyakit jantung.

  1. Sering Merasa Lelah

Anda harus waspada jika sering merasa lelah walau tidak sedang melakukan aktivitas yang berat, serta sering merasa lelah ketika bangun tidur. Anda harus segera konsultasikan ke dokter, karena bisa jadi ini merupakan gejala penyakit jantung.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, anda harus waspada dan segera periksakan kedokter. Untuk dapat menghindari penyakit yang mematikan ini, anda harus memulainya dengan melakukan pola hidup sehat dan sering melakuan olahraga minimalnya 2 kali dalam satu minggu.