Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Melaksanakan Kegiatan Pengayaan

Tahukah anda? Saat ini informasi pendidikan dengan media sosial sepertinya tidak bisa dipisahkan lagi pasalnya, di media sosial anda akan mendapatkan beberapa informasi pendidikan yang penting untuk anda atau bahkan buah hati anda. Berbicara tentang pendidikan, apakah anda pernah mendengar kata kegiatan pembelajaran pengayaan?

Ya, tentu saja bagi anda yang masih duduk dibangku SD atau anda yang mempunyai buah hati yang masih duduk disekolah dasar akan sering mendengar kata kegiatan pengayaan. Kegiatan pengayaan pada umumnya seringkali dikaitkan dengan kegiatan remedial, namun perlu anda ketahui bahwa kedua hal tersebut cukup berbeda dan bahkan sangat berbeda. Kegiatan remedial merupakan salah satu kegiatan tambahan yang diberikan kepada peserta didik yang belum bisa melampaui KKM.

Sedangkan untuk kegiatan pengayaan ini merupakan salah satu kegiatan tambahan yang merupakan salah satu program yang selalu diterapkan oleh beberapa sekolah yang diberikan kepada para peserta didik yang telah melampaui KKM. Jadi, bisa dikatakan bahwa kegiatan yang satu ini dilaksanakan khusus untuk para peserta didik yang memiliki kemampuan lebih dalam belajar.

Tujuan Kegiatan Pengayaan

Kegiatan pengayaan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, bakat, minat, kreativitas, keaktifan dan keterampilan para peserta didik agar lebih optimal lagi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan para peserta didik memiliki kemampuan lebih lagi terutama dalam hal belajar. Selain itu, sekolah yang melaksanakan kegiatan ini juga berharap agar dengan adanya kegiatan tersebut mereka dapat melahirkan peserta didik yang berkualitas sehingga dengan ini tentu saja akan berpengaruh pada akreditasi sekolah.

Lalu, Siapa Yang Melaksanakan Kegiatan Ini?

Kegiatan pengayaan diselenggarakan oleh sekolah-sekolah terutama sekolah dasar, yang diberikan tugas untuk melaksanakannya yaitu guru wali kelas atau guru bidang. Dalam pelaksanaannya guru akan memberikan beberapa tugas ataupun tantangan pada para peserta. Namun, dalam merancang dan melaksanakan kegiatan tersebut ada beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh para guru. Penasaran apa saja? Informasi pendidikan berikut ini akan menjelaskannya!

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Melaksanakan Kegiatan Pengayaan

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para guru dalam merangcang dan melaksanakan kegiatan pengayaan. Berikut beberapa hal tersebut.

  1. Memperhatikan faktor siswa yang seperti kita tahu bahwa dalam memperhatikan hal ini para guru dituntut untuk mengetahui karakter para siswa yang mana seperti yang kita tahu bahwa setiap individu memiliki kemampuan, bakat dan minat yang berbeda-beda.
  2. Faktor manfaat, dalam melaksanakan kegiatan ini para guru perlu memastikan bahwa kegiatan ini benar-benar memiliki manfaat jangan sampai kegiatan ini hanya membuang waktu para peserta didik saja.
  3. Faktor waktu dalam hal ini para guru perlu memastikan bahwa kegiatan ini tidak akan menganggu waktu belajar efektif para siswa.

Itulah sekilas informasi tentang kegiatan pengayaan dan hal yang perlu diperhatikan dalam melaksakanakan kegiatan pengayaan. Semoga bermanfaat!