Gejala Batu Ginjal Yang Sering Terjadi Pada Penderitanya

Batu ginjal – Penyakit yang menyerang saluran kencing ini merupakan salah satu kondisi dimana terjadinya pengendapan didalam ginjal yang berasal dari zat-zat sisa didalam darah yang kemudian mengkristal dan hal ini dapat disebabkan oleh makanan ataupun masalah kesehatan yang lain.

Pada mulanya orang yang menderita batu ginjal tidak akan merasakan apapun, karena ukuran ktistal yang mengendap masih terbilang kecil dan masih bisa keluar bersama urine melalui ureter tanpa rasa sakit. Namun jika kristal itu sudah mengendap terlalu lama dan bertambah besar maka akan terjadi penyumbatan dan gesekan di area ureter (saluran kencing yang menghubungkan antara ginjal dengan kantung kemih) yang menimbulkan infeksi iritasi dan pembengkakan di uretra (saluran pembuangan akhir urine).

Beberapa Gejala Batu Ginjal Yang Sering Terjadi

Adapun gejala yag terjadi pada orang yang terserang batu ginjal pada umumnya yaitu timbulnya rasa nyeri di area pinggang, pada punggung bagian bawah, pada perut bagian samping, pada selangkangan sreta pada testis untuk pria. Adapun gejala-gejala lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Timbulnya Rasa Sakit Ketika Buang Air Kecil

Jika anda merasa sakit ketika buang air kecil, maka bisa jadi itu merupakan salah satu gejala dari batu ginjal. Hal ini terjadi kerena gesekan batu ginjal pada ureter yang bisa membuat infeksi pada saluran kencing.

Selain rasa sakit ketika buang air kecil, anda juga akan lebih sering merasa ingin buang air kecil, walaupun hanya sedikit bahkan tidak keluar air kencingnya karena anda tidak banyak mengkonsumsi mineral.

  • Timbulnya Perubahan Warna Pada Urine

Gejala selanjutnya yang terjadi adalah timbulnya perubahan warna pada urine dan timbulnya aroma tidak sedap. Perubahan warna pada urin bukann menjadi kuning ataupun bening, akan tetapi menjadi keruh kecoklat-coklatan, warna pink bahkan bisa menjadi merah serta bercak darah dalam urine.

Bercak darah ada karena terjadinya penyumbatan serta gesekan di saluran kencing. Rasa sakit yang dirasapun dapat menandakan seberapa besar ukuran batu ginjal tersebut.

  • Terjadi Pembengkakan Pada Ginja

Semakin besarnya ukuran batu ginjal maka akan terjadi penyumbatan pada ureter sehingga urine akan susah untuk keluar, sehingga akan terjadi hidronefrosis yaitu kondisi dimana tenggelamnya urine didalam ginjal  sehingga mengalami pembengkakan. Hal ini juga dapat mengakibatkan pembesaran pada perut serta rasa sakit ketika disentuh.

  • Mual Yang Disertai Muntah

Kondisi ini terjadi karena adanya batu dalam ginjal yang membuat sistem kerja ginjal tidak berjalan dengan baik sehingga meningatkan kadar toksin dalam perut dan darah. Gejala ini juga dapat menyebabkan penderitanya dehidrasi dan kekurangan gizi.

  • Tidak Bisa Duduk Dan Tidur Dengan Nyaman

Hal ini terjadi karena membesarnya batu ginjal dalam tubuh sehingga jika penderitanya duduk atau tidur terlau lama akan memberikan tekanan pada area yang terinfeksi oleh batu ginjal.

  • Demam Serta Menggigil

Jika kondisi ini terjadi saat saluran kantung kemih terinfeksi, maka akan sangat berbahaya apalagi jiga demamnya sangat tinggi, maka harus segera ditangani oleh dokter.

Nah, itulah beberapa gejala yang terjadi pada penderita batu ginjal yang tidak boleh disepelekan. Jika salah satunya mulai terasa, maka segera konsultasikan dwngan dokter.