Jenis Makanan Diet Sehat

Ingin memiliki tubuh yang ideal juga butuh perjuangan. Anda perlu menghindari makanan yang terlalu banyak lemak serta rajin berolahraga. Apabila anda selama ini sering menikmati makanan cepat saji yang kurang sehat, sebaiknya mulai sekarang harus berani mengatakan tidak. Makanan cepat saji turut menyumbang lemak didalam tubuh anda. Timbunan lemak didalam tubuh dapat mengakibatkan kelebihan berat badan.

Sebagian orang pastinya ingin menjalani diet untuk membuat tubuhnya kembali ideal. Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan diet. Diet yang dilakukan tak harus menyiksa karena anda dapat menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan. Pola makan sehat dapat membantu mengontrol berat badan. Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang serta kaya serat dapat menjadikan diet anda lebih menyenangkan.

Beberapa Jenis Makanan Untuk Diet Sehat

  1. Sayuran

Diet dengan mengonsumsi sayuran dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat memasak beberapa sayuran hijau yang kaya serat dirumah. Sayuran yang dimasak sendiri memiliki nilai gizi yang terjaga karena anda dapat mengolahnya agar kandungan nutrisi yang ada pada sayuran tidak hilang. Ada beberapa sayuran yang memerlukan penanganan khusus seperti tidak boleh dimasak terlalu lama karena nutrisi yang ada pada sayuran akan hilang. Anda perlu mengetahui cara memasak yang tepat agar nutrisi pada sayuran tetap terjaga.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan juga kaya akan manfaat. Banyak buah yang mengandung serat untuk memperlancar proses pencernaan tubuh. Buah dapat langsung dikonsumsi ataupun juga bisa dijadikan jus. Sebaiknya buah yang sudah dipotong segera dikonsumsi. Apabila anda mengonsumsi buah dengan cara dibuat jus, sebaiknya tambahkan gula sedikit saja. Gula yang terlalu banyak dapat menambah kalori sehingga program diet anda tidak berguna.

  1. Biji-bijian

Mengonsumsi gandum utuh dapat dijadikan sebagai makanan diet. Gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain gandum utuh, anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan atau jenis biji-bijian lainnya. Selain kaya akan serat, biji-bijian juga menandung banyak protein dan vitamin. Biji-bijian dapat menimbulkan efek kenyang. Pilihlah jenis biji-bijian yang rendah kalori untuk program diet anda.

  1. Daging

Pada saat diet anda tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi daging. Namun, jangan mengonsumsi lemak daging atau menyajikannya bersama lemak tambahan lainnya. Lemak tambahan yang dilarang digunakan diantaranya adalah minyak dan mentega. Pilihlah daging tanpa lemak untuk dikonsumsi. Daging mengandung protein yang baik bagi tubuh. Anda tetap bisa menikmati lezatnya daging tanpa lemak dalam program diet anda.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan gandum yang sudah diolah menjadi bubur. Oatmeal ini dapat dikonsumsi sebagaiĀ  pengganti makanan pokok. Oatmeal kaya akan serat yang dibutuhkan untuk tubuh. Oatmeal juga dipercaya dapat mengurangi lemak pada tubuh. Oatmeal baik dikonsumsi untuk program diet karena rendah lemak. Pilihlah oatmeal yang tidak cepat saji karena oatmeal yang cepat saji bisa jadi bukan menurunkan berat badan malah menaikkan berat badan. Lakukan pengolahan gandum menjadi oatmeal secara alami.

  1. Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Anda perlu mengonsumsi ikan apalagi ikan laut yang kaya akan omega-3. Meskipun ikan memiliki kandungan lemak namun lemak yang terdapat pada ikan adalah lemak yang aman bagi tubuh. Lemak yang terdapat pada ikan dapat membantu menangkal lemak jahat yang berada pada tubuh.

Banyak sekali makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk diet. Anda juga harus memperhatikan cara penyajiannya agar manfaatnya tidak hilang atau malah merugikan kesehatan. Makanan diet yang disajikan perlu menghindari minyak, garam ataupun gula. Anda dapat menggantinya dengan cara merebus, kuku, tim, maupun dipanggang.