Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang terdapat dalam beberapa sumber makanan. Kategori jenis makanan yang mengandung asam folat diantaranya yaitu sayuran, buah-buahan dan jenis daging. Asam folat ini merupakan salah satu nutrisi dalam bentuk vitamin B yang bersifat larut di dalam air. Asam folat ini adalah bentuk dari jenis vitamin B9. Lalu apa jenis makanan yang mengandung asam folat?

Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung asam folat maka hal ini akan sangat berguna sekali untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, nutrisi asam folat ini sangat penting sekali untuk dikonsumsi sehingga bisa membantu untuk melengkapi segala kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik sekali.

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Berbicara jenis makanan yang mengandung asam folat, maka ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk melengkapi kenbutuhan nutrisi tubuh. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tinggi akan kandungan asam folat!

  1. Bayam

Jenis sayuran yang satu ini mengandung asam folat sekitar 194 mcg / 100 gr (49% AKG). Kandungan asam folat pada bayam sangat bermanfaat untuk mendukung kehamilan dan mencegah terjadinya bayi lahir cacat.

  1. Bit Merah

Selanjutnya jenis makanan yang mengandung asam folat adalah bit merah dengan kandungan asam folat 107 mcg / 100 gr (27% AKG). Bermanfaat untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan juga tumbuh kembang janin secara optimal.

  1. Brokoli

Jenis sayuran yang lainya yaitu brokoli yang mengandung banyak sekali asam folat. Kandungan asam folat pada brokoli sekitar 63 mcg / 100 gr (16% AKG). Bermanfaat untuk proses penurunan kolesterol dan menjaga kesehatan ibu hamil.

  1. Buah Pisang

Selain kelompok sayuran, jenis buah yang kaya akan kandungan asam folat yaitu buah pisang. Jenis buah yang satu ini mengandung asam folat sekitar 20 mcg / 100 gr (5%). Banyak sekali manfaat asam folat pada buah pisang yang salah satunya untuk membantu pembentukan sel darah merah dan juga mencegah terjadinya [penyakit jantung.

  1. Jeruk

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga kaya  akan kandungan asam folat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam folat ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan perkembangan dan daya memori otak bayi saat masa kehamilan. Kandungan asam folat pada jeruk sekitar 8%.

  1. Tomat

Tomat juga mengandung asam folat sekitar 6% yang bisa membantu untuk menunjang kesehatan tubuh da bermanfaat untuk ibu hamil dalam mencegah kelainan saraf pada janin.

Demikian beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan asam folat maka sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan Anda dan juga bermanfaat untuk kehamilan.