Jenis Obat Batu Ginjal Secara Alami

Selain menyebabkan dehidrasi, kurangnya asupan mineral atau air putih dalam tubuh juga dapat menyebabkan  terjadinya penyakit batu ginjal yaitu terjarinya penumpukan asam garam serta mineral yang mengeras dan menjadi batu didalam ginjal.

Pada dasarnya sistem pengobatan bagi yang menderita pentakit batu ginjal ini tergantung pada ukuran batu yang mengendap dalam ginjal. Misalnya jika ukuran batu gunjalnya kecil sekitar 3mm, maka masih bisa dengan pengobatan rumah yaitu mengeluarkan batu melalui ureter atau saluran kencing. Namun jika ukurannya besar mulai dari 8mm keatas, maka harus menjalani pengobatan dengan bantuan dokter atau medis.

Berikut Beberapa Jenis Obat Ginjal Secara Alami

Dalam pengobatan pertama, biasanya dokter menyarankan untuk melakukan pengobatan rumah terlebih dahulu jika batu ginjalnya belum terlalu besar, karena ada beberapa pengobatan rumah yang cukup efektif dalam pengobatan batu ginjal. Yaitu :

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air mineral dapat membantu anda dalam menurunkan kadar batuginjal dalam tubuh. Minumlah air minimal 2,8 liter perhari, lalu lihat hasilnya dengan mengecek warna air kencing. Jika warnanya bening berarti sehat, namun jika warna tetap berwarna keruh, segera hubungi dokter.

  1. Jus Lemon

Kandungan asam sitrat yang terdapat pada lemon dapat membantu dalam memecahkan batu ginjal sehingga batu ginjal dapat keluar bersama dengan urine. Konsumsilah minimal 125 ml dalan sehari.

  1. Batasi Konsumsi Makanan Yang Mengandung Garam Dan Protein

Membatasi konsumsi makanan yang mengandung garam dan protein tinggi merupakan hal yang harus dilakukan bagi anda yang menderita penyakit batu ginjal. Pasalnya kandungan yang terdapat dalam garam dapat  meningkatkan kalsium dalam urine sedangkan makanan yang mengandung protein dapat meningkatkan asam oksalat, asam urat dalam urine serta kalsium, serta sulfur yang dapat memperburuk keadaan.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat dapat membantu anda untuk menghilangkan batu ginjal dalam tubuh, karena makanan berserat dapat membantu dalam menghancurkan kristal kalsium dan dapat mencegah pembentukan batu ginjal

  1. Olahraga Yang Teratur

Lakukan olahraga ringan yang teratur guna membantu pengecilan batu ginjal, serta hindarilah minuman yang mengandung kafein, karena dapat memperburuk keadaan.

Selain pengobatan rumah, ada juga pengobatan secara medis, yaitu dengan melakukan hal berikut :

  • Gelombang Suara Penghancur Batu Ginjal

Dengan menggunakan gelombang suara untuk memecah batu ginjal menjadi beberapa potongan kecil sehingga dapat dikeluarkan melalui urine. Namun metode ini dapat menimbulkan beberapa efek seperti terjadi pendarahan pada urine pembengkakan pada perut dan punggung.

  • Uteroscop

Metode ini adalah metode penghancur batu ginjal dan dikeluarkannya melalui urine menggunakan mesin. Dokter pun dapat memasukkan tabung yang berlampu tipis yang dilakukan melalui urtera serta kantung kemih yang melewati urine.

  • Pembedahan Atau Bisa Disebut Pmbedahan Atau Oprasimu.

Itulah beberapa jenis pengobatan batu ginjal, baik secara alami maupun secara medis.