Jenis Obat Herbal Asam Urat

Obat herbal asam urat – Asam urat yaitu penyakit yang biasanya menyerang orang yang telah berusia 30 tahun keatas. Dan penyakit ini menyerang bagian otot dan juga persendian. Asam urat yaitu sampah atau limbahyang dihasilkan karena proses penguraian zat purin didalam sel tubuh. sementara itu sebagian dari purin dapat dikeluarkan melaui keringat, kotoran manusia, dan juga ketika buang air kecil. Karena terlalu banyak memproduksi limbah maka jumlah pemasukan akan lebih banyak daripada yang dikeluarkan, dan akhirnya akan menumpuk masuk kedalam persendian.

Asam urat jika berlebihan dalam tubuh akan terjadi penumpukan pada bagian persendian sehingga munculnya berbagai keluhan seperti bengkak, nyeri, bahkan juga bisa terjadi peradangan. Dan biasanya bagian tubuh yang terasa nyeri antara lain yaitu tangan, jari, lutut, dan juga pergelangan kaki dan tangan.

Purin yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak kedalam tubuh dapat mengganggu kinerja dari organ seperti pada ginjal, akibatnya ginjal tidak bisa bekerja dengan baik akibat kelebihan asam urat. Maka dari itu kurangi mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan purin tinggi seperti jenis daging merah, jeroan, ikan (sarden atau tuna), dan juga beberapa kategori sayuran yang meliputi sayuran bayam, jenis jamur, kembang kol, dari kacang-kacangan seperti kacang polong serta minuman yang mengandung alkohol. Asam urat jika dibiarkan akan membahayakan kesehatan, maka dari itu salah satu pengobatan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan pengobatan tradisional seperti memanfaatkan bahan-bahan herbal. Simak ulasannya!

Berikut Beberapa Obat Herbal Asam Urat Yang Dapat Digunakan
  1. Daun sirsak

Kandungan senyawa yang terdapat pada daun sirsak memiliki manfaat yang bisa mencegah dan membunuh infeksi bakteri, virus, dan juga bisa digunakan untuk regenerasi sel sel dalam tubuh yang rusak. Selain senyawa kimia daun sirsak juga mengandung beberapa zat efektif yang dapat membantu untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, salah satunya yaitu untuk membantu mengatasi asam urat.

Beberapa zat yang terdapat dalam daun sirsak yaitu diantaranya adalah acetogenin, caclourin, annomuricin, dan juga asam linoleat. Dan ternyata acetogenin yang terdapat pada daun sirsak juga dapat membunuh sel kanker yang ada dalam tubuh. dan senyawa lainnya yang terdapat pada daun sirsak yaitu glikosida, tannin dan juga senyawa lainnya seperti alkaloid dan juga flavonoid. Dan beberapa kandungan yang terdapat pada daun sirsak tersebut dapat berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, membantu proses pencernaan dan juga antimikroba.

cara penggunaannya :

  • Ambillah 6-10 lembar daun sirsak, kemudian bersihkan menggunakan air mengalir.
  • Kemudian potong-potong daun sirsak tersebut menjadi beberapa bagian agar sari-sari yang terdapat didalamnya dapat tercampur secara maksimal dengan air.
  • Setelah itu ambil dua gelas air dan rebus daun sirsak yang telah dibersihkan tadi
  • Dan tunggu hingga air rebusan menjadi 1 gelas, kemudian minum secara teratur dua kali sehari pada pagi dan juga malam hari.
  1. Brotowali

Brotowali yaitu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk membantu mengatasi asam urat. Selain untuk asam urat brotowali juga dapat membantu mengatasi darah tinggi, menurunkan kolesterol, meningkatkan gula darah, meningkatkan imunisasi tubuh, dan juga dapat membuat kulit anda senantiasa kencang atau awet muda.

Cara penggunaannya:

  • Ambil beberapa lembar daun brotowali, kemudian cuci menggunakan air bersih
  • Setelah itu rebus dengan 2 gelas air
  • Dan tunggu hingga air rebusan menjadi 1 gelas, dan minum secara rutin
  1. Kumis kucing

Kumis kucing merupakan tanaman herbal yang sering digunakan untuk pengobatan herbal seperti obat untuk batu ginjal. Selain ampuh untuk menghancurkan batu ginjal ternyata kumis kucing juga dapat digunakan untuk mengaobati asam urat. Dan kumis kucing pun merupakan jenis tanaman yang mudah untuk ditemukan karena kumis kucing termasuk tanaman liar. Tanaman kumis kucing mengandung zat orthosiphonin glikosida dan diuretic sehingga dapat membantu merangsang pengeluaran asam urat melalui urin.  Selain itu juga kumis kucing mengandung zat sintetin yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada saluran kantung kemih. Maka dari itu untuk membantu menyembuhkan asam urat maka minumlah rebusan daun kumis kucing ini secara teratur.

  1. Daun salam

Daun salam merupakan daun yang sering digunakan untuk bumbu dapur. Namun ternyata daun salam juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi asam urat. Daun salam dikenal memiliki bau yang harum. Daun salam pun memiliki beberapa zat penting seperti flavonoid, tannin, dan juga minyak astiri yang efektif untuk sembuhkan asam urat.

Cara pengunaannya:

  • Ambillah daun salam secukupnya, kemudian cuci menggunakan air bersih
  • Setelah itu rebus daun salam dengan air secukupnya
  • Dan setelah mendidih saring untuk mendapatkan airnya, dan minum secara teratur agar asam urat dapat sembuh dengan cepat.
  1. Seledri

Seledri ternyata tidak hanya digunakan untuk penyedap pada saat masak. Ternyata seledri juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk membantu mengobati asam urat. Didalam seledri terdapat beberapa kandungan yang memiliki manfaat yang baik untuk mengobati asam urat diantaranya yaitu kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C, glikosida. Dan diantara zat lain yang terdapat pada seledri, glikosida sangat efektif untuk mengobati masalah persendian dan juga asam urat. Untuk melakukan pengobatan menggunakan seledri maka cara yang paling mudah yaitu dengan memakan secara langsung sebagai lalapan, selain itu juga bisa juga dengan merebus seledri dengan 3 gelas air. Dan tunggu sampai air rebusan seledri menjadi 1 gelas, saring dan kemudian tunggu sampai dingin. Minum sehari 2 sampai 3 kali.

  1. Jahe merah

Tanaman herbal selanjutnya yang dapat digunakan untuk membantu mengobati asam urat yaitu jahe merah. Tanaman ini tidak hanya ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan tetapi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Cara pengolahannya pun cukup mudah yaitu buatlah jahe merah sebagai minuman atau sering juga disebut sebagai wedang jahe. Jahe merah memiliki khasiat untuk membantu mengobati asam urat yang menumpuk juga mengobati peradangan pada sendi. Selain itu juga jahe merah juga memiliki khasiat untuk memperlancar peredaran darah dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Sambiloto

Dan tanaman herbal lain yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat yaitu sambiloto. Sambiloto yaitu tanaman yang sangat ampuh untuk membantu mengobati asam urat, selain itu juga tanaman ini mudah untuk ditemukan. Zat yang terkandung dalam sambiloto diantaranya yaitu aldehid, keton, flavonoid, dan juga berbagai mineral penting seperti kalsium, kalium, dan juga natrium. Tanaman sambiloto ini seluruhnya dapat digunakan untuk pengobatan, namun pada umumnya yang digunakan yaitu bagian daunnya.

Cara penggunaannya:

  • Ambil sambiloto secukupnya, kemudian cuci menggunakan air bersih
  • Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air
  • Kemudian tunggu sampai air rebusan sambiloto menjadi 2 gelas, setelah itu saring untuk mendapatkan airnya saja. Dan minum air rebusan sambiloto itu secara teratur agar asam urat dapat sembuh dengan cepat.

Nah, itulah beberapa tanaman yang dapat dijadikan obat herbal asam urat yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat!