Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Mengenali gejala kanker payudara merupakan salah satu hal yang wajib diketahui terutama bagi seorang wanita. Pasalnya kanker payudara ini adalah salah satu kanker yang cukup menakutkan setelah kanker serviks. Sel-sel kanker yang ada di area payudara ini akan tumbuh dan menyebar keseluruh area payudara lainnya secara cepat dan tak terkendali, seperti menyerang ke lobulus, saluran keluarnya alir susu serta jaringan-jaringan lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa da beberapa faktor yang dicurigai sebagai penyebab dari kanker payudara ini yaitu seperti gaya hidup, lingkungan, hormonal serta keturunan. Namun semua itu belum pasti, sehingga masih memmerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Mempunyai resiko terkena kanker atau tidak, anda tetap perlu mengetahui gejala-gejala dari kanker payudara ini. Terutama kanker payudara stadium awal, yaitu kondisi dimana benjolannya masih berukuran 2cm atau lebih dan belum menyebar ke seluruh tubuh lainnya seperti pada kelenjar getah bening pada ketiak.

Inilah Beberapa Gejala Kanker Payudara

Berikut merupakan gejala-gejala dari kanker payudara pada stadium awal yang perlu anda ketahui, yaitu :

  1. Muncul benjolan di payudara

Benjolan yang muncul pada payudara merupakan salah satu gejala awal dari kanker payudra. Benjolan ini pun tidak akan terasa sakit. Namun tidak semua benjolan yang muncul adalah benjolan kanker, karena perubahan hormon pada remaja serta terjadinya kerusakan jaringan sel pun bisa memicu timbulnya benjolan. Pasalnya lebih dari 90% benjolan yang muncul pada wanita pada usia sekitar 20-50 tahun adalah kanker yang jinak.

  1. Terjadi perubahan warna pada kulit payudara

Terjadinya perubahan warna kulit pada payudara sering sekali hanya dianggap sebagai infeksi atau sebagai iritasi biasa. Namun hal ini perlu anda perhatikan, jika anda mengalami perubahan warna kulit yang disertai adanya benjolan perlu anda waspadai.

Perubahan warna pada kulit ini yaitu menjadi warna kemerah-merahan seperti iritasi, warna coklat atau juga menjadi warna kekuning-kuningan, tekstur kulit menjadi seperti kulit jeruk, tenebalan kulit serta tekstur kulit akan berkeluk -keluk pada area payudara yang terkena kanker.

  1. Terjadi perubahan bentuk pada puting

Gejala selanjutnya yaitu terjadinya perubahan bentuk pada puting serta munculnya rasa nyeri yang ditandai sengan keluarnya cairan yang tidak normal dari puting.

  1. Terjadinya pembengkakan atau munculnya benjolan pada ketiak

Sel kanker dapat bertumbuh dengan cepat dan menyebar keseluruh tubuh, salah satunya yaitu menyebar ke area ketiak. Oleh karena itu perlu anda waspadai jika tiba-tiba ada benjolan diarea ketiak.

Setelah anda mengenali beberapa gejala dari kanker payudara ini,maka anda harus rajin untuk melakukan pengecekan payudara dengan melakukan SADARI guna membantu anda dalam mengenali tekstur payudara anda. Mulailah dengan menjalani pola hidup sehat serta pola makan sehat dan teratur. Jika anda merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya , sebaiknya anda konsultasikan ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.