Kenapa bayi sering muntah?

Kenapa bayi sering muntah?- Semua orang tua pasti mengginginkan anak yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit , namun tidak semua apa yang orang tua inginkan dapat menjadi  kenyataan. Salah satunya yaitu bayi yang sering muntah. Muntah pada bayi merupakan suatu kondisi dimana cukup umum terjadi pada bayi lainnya. hal ini juga mungkin dapat terjadi pada bayi anda yang mengalami beberapa kali muntah selama tahun pertamanya.

Muntah yang sering terjadi pada bayi ini dapat juga terjadi dikarenakan banyak penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya muntah pada bayi, namun tanpa melkukan perawatan pun biasanya muntah tersebut akan mudah sembuh. Namun hal ini tetap saja akan membuat orang tua menjadi cemas karena melihat anaknya yag terus-terusan muntah.  Maka dari itu ada baiknya jika bunda mempelajari sebanyak mungkin tentang muntah yang sering terjadi pada anak.  Selain itu juga bunda harus mengetahui kenapa bayi sering muntah. Simak ulasnnya berikut ini !

Berikut ini beberapa penyebab kenapa bayi sering muntah ? diantaranya

  1. Menangis Berlebihan

Salah satu penyebab bayi sering muntah yaitu bayi yang menangis terlalu lama , maka akan menyebabkan bayi menjadi muntah, dan biasanya sebelum muntah cenderung batuk terebih dahulu. Namun bunda jangan khawatir karena hal ini bukan lah menjadi masalah yang serius.

  1. Infeksi Virus Dan Bakteri

Penyebab lainnya yang membuat bayi menjadi sering muntah yaitu terjadinya infeksi virus terhadap saluran pencernaan serta penyakit usus yang lainnya yang dapat menyebabkan sering terjadinya munta. Karena jika virus dan bakteri dapat menginfeksi lapisan pada lambung atau usus bayi , maka gejala inilah yang bukan hanya menyebabkan muntah tetepai juga dapat menyebabkan terjadinya diare, kehilangan nafsu makan, sakit perut bahkan muntah.

  1. Infeksi Lainnya

Penyebab lainnya yang menyebabkan bayi menjadi muntah yaitu terjadi penyumbatan pada hidung, pilek dan juga infeksi pada saluran pernapasan, terutama ketika bayi mengalami batuk-batuk, selain itu juga infeksi yang terjadi pada saluran kemih serta infeksi telinga yang dapat menyebabkan terjadinya rasa mual serta muntah. Namun bahayanya muntah yang terjadi pada bayi sangat berbahaya , karena muntah pada bayi menandakan adanya gejala penyakit yang serius seperti meningitis, radang usus buntu dan juga syndrome reye.

  1. Masalah Makanan/ Minuman

Penyebab terjadinya muntah pada bayi yaitu karena ketika bayi masih berusia beberapa bulan pertama, muntah kemungkinan besar yang disebabkan oleh masalah makan seperti terlalu banyak dikasih susu  atau gangguan pencernaan. Dan penyebab muntah pada bayi tergolong jarang yaitu alergi terhadap protein dalam ASI atau susu formula.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa bayi sering muntah? Yang dpat bunda ketahui. Semoga bermanfaat !