Khasiat dan Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih mungkin belum semua orang mengetahuinya. Bahkan mungkin kebanyakan dari kita hanya menganggap daun sirih sebagai tanaman merambat biasa saja yang tidak begitu banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika ditelusuri lebih jauh lagi maka daun sirih memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa sekali untuk kesehatan tubuh. Bahkan bisa membantu mengatasi seputar permasalahan kesehatan.

Daun sirih bisa digunakan sebagai ramuan atau obat alami yang berguna sebagai obat luar dan oba dalam. Pemanfaatan daun sirih sebagai ramuan alami untuk mengatasi seputar permasalahan kesehatan memang sangat luar biasa sekali. Sifat antibakteri dan anti imflamasi pada daun sirih bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.

Inilah Beberapa Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh. Dalam hal ini pengolahan daun sirih untuk digunakan dalam pengobatan memang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Lalu, apa saja khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan? Perhatikan berikut ini!

  • Mengatasi Penyakit Asma

Salah satu manfaat daun sirih untuk kesehatan adalah mengatasi penyakit asma. Cara mengatasi asma dengan daun sirih sangat mudah sekali yaitu dnegan merebus daun sirih hingga mendidih untuk diambil air rebusannya. Minum secara rutin dan teratur untuk mengatasi permasalahan penyakit asma yang begitu menyiksa.

  • Mengobati Radang Tenggorokan

Manfaat daun sirih yang selanjutnya yaitu untuk mengatasi dan mengobati radang tenggorokan. Cara menggunakannya masih sama yaitu dengan merebus dan meminum air rebusan tersebut secara rutin dan teratur. Hal ini sangat berguna sekali untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan mudah dan cepat.

  • Mengatasi Iritasi Mata

Daun sirih bisa menjadi obat tetes mata alami yang bermanfaat dalam mengatasi permasalahan iritasi mata akibat polusi atau debu. Rebus daun sirih dan ambil air rebusannya saat sudah dingin maka gunakan untuk tetes mata. Lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan mata Anda dari bahaya polutan serta debu.

  • Menghilangkan Bau Mulut

Bagi Anda yang memiliki permasalahan dalam hal bau mulut maka bisa dengan mudah untuk mengatasinya menggunakan daun sirih. Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur-kumur. Zat antibakteri pada daun sirih mampu menghilangkan bakteri dan kuman di mulut. Dengan begitu maka permasalahan bau mulut akan hilang dengan seketika.

  • Mengatasi Sariawan

Sariawan merupakan salah satu iritasi pada mulut yang sangat amat mengganggu dan menyakitkan. Oleh karena itu, segera atasi permasalahan sariawan dengan menggunakan air rebusan daun sirih yang digunakan untuk berkumur kumur.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat daun sirih yang sangat luar biasa sekali. daun sirih bisa menjadi salah satu jenis obat alami yang sangat ampuh dan tanpa adanya efek samping.