Kiat Menjaga Kesehatan Anak

Kiat menjaga kesehatan anak- Kesehatan anak merupakan suatu hal penting bagi orang tua, karena ketika anak sakit maka orang tua akan merasakan khawatir. Seiring dengan bertambahnya usia sang anak biasanya akan semakin banyak hal baru yang dapat dipelajari anak untuk membantu perkembangannya. Maka dari itu orang tua sangat penting untuk memperhatikan perkembangan anak. Oleh karena itu orang tua harus kreatif dalam menemani perkembangan buah hati anda agar buah hati tidak merasakan bosan.

Selain memperhatikan perkembangan anak orang tua juga harus pintar menjaga kesehatan buah hati anda pada usia yang memang membuatnya selalu aktif dalam mempelajari hal-hal baru. Karena pada saat inilah biasanya sang anak akan sangat mudah untuk terserang suatu penyakit. Maka dari itu bunda harus mengetahui  dalam kiat-kiat menjaga kesehatan buah hati anda. lalu apa saja kiat-kiatnya?simak ulasannya !

Berikut ini beberapa kiat menjaga kesehatan anak yang harus bunda ketahui , diantaranya :

  1. Menjaga Makanan Si Kecil

Kiat pertama yang harus dilakukan oleh bunda yaitu menjaga makanan sikecil, karena pada usia saat ini sikecil selalu merasa penasaran dengan hal- hal baru yang ada disekitarnya. Termasuk pada makanan, maka dari itu biasanya bunda sering terdorong untuk memberikan berbagai jenis makanan kepada sang anak. Namun sebenarnya tidak semua jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi sang anak dengan usia yang belum begitu besar. Dan bunda pun harus menghindari beberapa makanan yang dapat membuatnya malah tersedak. Jika bunda ingin memberikannya buah-buahan ataupun sayuran maka bund adapt memberinya dengan memotongnya terlebih dahulu dengan ukuran yang sangat kecil. Selain itu juga bunda harus menghindari makanan yang berukuran kecil namun keras karena dapat menyebabkan infeksi pada sang anak bila tersangkut pada jalur pernapasan. Dan selain itu juga hindari makanan yang terlalu lembut karena makanan ini berpotensi sangat sulit untuk ditelan.

  1. Bermain Dan Belajar

Bunda dapat mengisi waktu luang bunda dan sikecil dengan melakukan permainan yang secara tidak langsung dapat membuat anak belajar dengan menyenangkan salah satunya dengan membantu mengasah motoric anak dengan melakukan permainan  “isi ember”. Dimana bunda dapat berkumpul bermain bersama barang-barang. Ataupun bunda juga dapat mengumpulkan biji-bijian atau beras dan mengisinya kedalam botol, sehingga sang anak pun dapat mendengar atau membuat suara yang terdapat dari benda yang telah dibuatnya tadi. Apabila anak bunda berusia diatas 18 bulan maka bunda dapat membuatkannya mainan yang baru seperti adonan untuk bermain.

  1. Lakukan Imunisasi

Kiat selanjutnya yaitu dengan melakukan imunisasi, imunisasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perkembangan dan juga kesehatan sang anak. Maka dari itu bunda harus selalu ingat jadwal imunisasi anak pada usia 12-18 bulan. Dan ada beberapa jenis imuniasi yang wajib untuk dilakukan adalah imunisasi polio, DPT ulangan, ampak, hepatitis A, influenza, MMR, dan juga tiroid.

  1. Perhatikan Waktu Tidur Sikecil

yang harus bunda lakukan untuk menjaga kesehatan sikecil diantaranya yaitu bund harus memperhatikan waktu tidur sang anak, karena tidur merupakan suatu kegiatan yang sangat penting untuk kesehatan anak-anak. Karena pola tidur yang cukup dapat membuat tubuh sang anak untuk menangkal penyakit dan juga dapat membantu pertumbuhan pada anak, selain itu juga dapat membuat membuat daya ingat menjadi lebih bagus, dan juga dapat berpikir dengan jernih. Diusia 1-3 tahun sang anak setidaknya membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-14 jam dalam satu hari. Maka dari itu bunda harus memperhatikan pola tidur anak agar tidak melupakan tidur siang dan juga tidur dengan larut malam.

  1. Mencuci Tangan Dan Kaki Sebelum Tidur

Sebelum tidur sebaiknya bunda membiasakan sikecil untuk mencuci kaki dan juga mencuci tangan. Salah satu alasannya yaitu agar sikecil terbiasa untuk menjaga kebersihan sebelum tidur dan juga agar sikecil terhindar dari berbagai ragam penyakit yang disebabakan oleh bakteri dan juga kuman. Yang salah satunya dapat menyebabkan penyakit kaki, tangan, dan juga mulut. Dan penyakit ini merupakan suatu penyakit yang sangat menular dan biasanya disebabkan oleh virus enterovirus.  Dan penyakit ini biasanya beresiko pada anak yang berusia 1 sampai 4 tahun. Dan salah satu tanda bahwa anak bunda terkena penyakit ini biasanya akan muncul luka melepuh atau ruam dan juga bintik-bintik yang merah pada tangan ataupun kaki anak. Dan ruam ini biasanya berisi air dan membentuk gelembung kecil atau datar. Selain itu juga sang anak akan merasakan sakit pada tenggorokannya dan biasanya penyakit ini akan berlangsung selama 3 atau 5 hari.

  1. Cepat Bertindak

Kiat selanjutnya yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan anak yaitu dengan cara cepat bertindak yang dimaksud cepat bertindak disini yaitu harus cepat menanganinya jika anak anda mengalami gejala yang terjadi seperti sakit kepala, batuk dan juga demam. Mengajari anak untuk hidup sehat dan menjaga kesehatan itu sangatlah mudah jika mengatahui caranya dengan memulai dari hal-hal yang kecil seperti mencuci tangan sebelum makan atau juga lainnya. Dengan biasa menerapkan hal-hal kecil seperti itu maka anak pun bisa terjaga dan juga kebal terhadap berbagai penyakit. Terlebih lagi pada saat musim pancaroba.

  1. Mengajak Anak Berolahraga

Selain memberikan  makanan yang sehat, menjaga kebersihan dan juga istirahat yang cukup, maka para ibu pun sebaiknya harus membiasakan mengajak anak untuk berolahraga, agar badan sang anak tidak mudah lemas yang akan membuat tubuh mudah untuk terserang penyakit.

  1. Membersihkan Kamar Anak

Kiat yang selanjutnya yaitu dengan secara periodeik membersihkan kamar anak mulai dari mengganti sprei, sarung bantal, dan juga guling minimal dibersihkan seminggu sekali dan bersihkan kamar dari benda-benda yang tidak berguna. Dengan demikian kamar anak tetap bersih, membuatnya nyaman dan juga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Membiarkan Anak Beradaptasi Dengan Lingkungan

Kiat yang harus dilakukan selanjutnya yaitu membiarkan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan seperti membiarkan anak bermain tanah atau air dan juga mengenal lingkungan yang ada disekitar. Hal ini dilakukan agar tubuh sang anak dapat mengenal berbagai macam virus, kuman, dan juga bakteri. Dan hal inilah yang akan membuat antibodo anak menjadi lebih kuat untuk menghadapi virus, kuman, dan juga bakteri. Sehingga anak akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Berbeda dengan anak yang terus dijaga untuk tidak beradaptasi dengan lingkungan sehingga anak pun mudah untuk terserang penyakit karena tidak pernah berkenalan dengan sumber penyakit. Namun hal ini juga masih harus dengan pengawasan orang tua agar anak dapat terkontrol dengan baik.

Nah, itulah beberapa kiat menjaga kesehatan anak yang dapat anda ketahui dan dapat anda lakukan kepada anak anda. semoga bermanfaat !