Manfaat Buah Siwalan Untuk Kesehatan Tubuh

Jika berbicara tentang buah siwalan, tentunya banyak sekali orang yang belum mengetahui tentang jenis buah yang satu ini. Buah siwalan adalah salah satu buah yang dihasilkan dari sejenis pohon palem yang bisa anda temui di daerah kering, yang mana buah siwalan ini memiliki bentuk pohon yang menjulang tinggi dan bentuk daun yang cenderung menyerupai kipas biasanya pohon siwalan ini selalu disebut sebagai pohon lontar.

Buah siwalan umunya memiliki bentuk hampir sama dengan buah kolang kaling yang sering anda temui ketika memasuki bulan ramadhan namun yang membedakannya adalah buah siwalan memiliki rasa yang lebih enak dari pada buah kolang kaling. Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, air dari pohon buah siwalan bisa disadap dan dijadikan sebagai minuman yang bernama legen yang mana minuman ini jika diolah berlebihan bisa menjadi tuak yang mempunyai kandungan alkohol sangat tinggi.

Manfaat Buah Siwalan

Dibalik pohon air niranya yang bisa dijadikan sebagai minuman, buah siwalan juga mempunyai manfaat seperti halnya dengan manfaat buah lainnya yang mana manfaat buah siwalan ini sudah terbukti. Lalu, apa saja manfaat buah siwalan? Berikut ulasannya!

  • Dapat Memperkuat Indera Pendengaran

Jika anda memiliki gangguan pendengaran  tentunya anda perlu mengobati hal tersebut dengan beberapa obat resep dari dokter, namun tentunya hal tersebut perlu didukung dengan budget yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebelum anda mengobati lebih lanjut alangkah baiknya anda mengkonsumsi buah siwalan terlebih dahulu karena buah siwalan dipercaya dapat membantu masalah indera pendengaran ataupun memperkuat pendengaran anda.

  • Meningkatkan Produksi Sperma

Selain dapat memperkuat indera pendengaran, manfaat buah siwalan selanjutnya adalah meningkatkan produksi sperma untuk laki-laki. Maka dari itu jika anda (laki-laki) menginginkan produksi sperma berlimpah dan berkualitas, dianjurkan untuk anda untuk secara rutin mengkonsumsi buah siwalan ini.

  • Membantu Program Diet

Dengan mengkonsumsi buah siwalan secara rutin akan membantu anda yang sedang menjalani program diet untuk tetap konsistem menjalani programnya karena buah siwalan memiliki kandungan serat tinggi, karbohidrat dan kandungan mineral yang cukup melimpah sehingga ketika anda mengkonsumsi buah siwalan anda akan merasa lebih kenyang tahan lama.

  • Dapat Meningkatkan Fungsi Ginjal

Jika sekarang anda sedang menderita penyakit gangguan ginjal, anda bisa mengkonsumsi buah siwalan secara rutin bersama dengan air niranya karena manfaat buah siwalan yaitu bisa meningkatkan fungsi ginjal anda. Sehingga masalah gangguan ginjal akan segera teratasi.

Nah, itulah beberapa manfaat buah siwalan untuk kesehatan tubuh, hampir sama bukan dengan manfaat buah lainnya? Cara membuat buah siwalan menjadi sebuah olahan untuk obatpun cukup mudah, anda cukup menyediakan beberapa butir buah siwalan yang sudah dikupas dan dibersihkan kemudian direbus sampai mendidih dengan dicampur dengan garam secukupnya dan gula aren. Olahan buah siwalan bisa anda konsumsi beserta airnya.