Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat minyak zaitun – Minyak zaitun yaitu minyak yang sudah lama digunakan oleh banyak orang karena manfaat yang dimiliki minyak zaitun ini sangat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan dibandingkan dengan minyak lainnya. Kadar lemak jenuh yang dimilimi minyak zaitun ini menjadi alasan utama kenapa minyak ini lebih sehat karena tidak dapat menimbulkan resiko terkena penyakit kolesterol yang biasa dikaitkan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berminyak.

Namun masih banyak kalangan masyarakat yang masih belum menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama untuk memasak karena dengan alasan harga yang jauh lebih mahal disbanding dengan minyak goreng biasa. Akan tetapi jika kita mempertimbangkan manfaat yang ada pada minyak zaitun memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Maka dari itu apa saja manfaat yang didapat untuk kesehatan dan juga kecantikan? simak ulasn berikut!

Berikut Ini Beberapa Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Juga Kecantikan Yang Dapat Anda Ketahui

  1. Mengobati Kanker Kulit

Minyak zaitun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan, salah satunya yaitu untuk kulit. manfaat minyak zaitun untuk kulit yaitu sebagai antioksidan yang dpat menetralisir radikal bebas, mengurangi timbulnya kanker kulit, meskipun sudah terkena paparan sinar UV. Manfaat lain minyak zaitun untuk kulit yaitu dapat membuat kulit tetap kenyal, karena kulit kering disebabkan oleh asam linoleat, sedangkan asam linoleat sendiri tidak dapat dihasilkan dari tubuh sendiri tetapi juga harus dari luar terutama dari lotion, krim topical, atau dari diet. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker kulit yaitu dengan mengkonsumsi minyak zaitu atau buahnya, atau menambahkan minyak zaitun ke dalam air untuk mandi atau mengoleskannya secara langsung pada kulit.

  1. Mengurangi Resiko Penyumbatan Pembuluh Darah

Minyak zaitun kaya akan nutrisi yang dapat menangkal lemak- lemak jahat yang ada pada makanan. dan lemak-lemak ini apabila dibiarkan akan menyebabkan ppenyumbatan di saluran pembuluh darah, dan sumbatan ini yang kan memperberat kerja jantung dan akan timbul berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, hipertensi, dan juga jantung.

  1. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit kesehatan yang serius. Penyakit ini terjadi ketika pancreas tidak dapat membuat insulin cukup guna memenuhi kebutuhan tubuh anda. Dan beberapa hasil menunjukkan bahwa penyakit diabetes dapat dicegah dengan cara diet minyak zaitun. Karena minyak zaitun mampu untuk mengurangi kadar kolesterol LDL, glukosa dalam darah. Dan efek positif yang dapat dirasakan dari minyak zaitun yaitu mampu untuk mencegah penyakit yang biasanya dirasakan oleh penderita diabetes seperti aterosklerosis dan juga penyakit kardiovaskuler. Selain itu minyak zaitun juga tidak hanya mengobati diabetes, ternyata minyak zaitun juga dapat mencegah dan juga menunda munculnya penyakit. Karena minyak zaitun dapat mencegah resistensi insulin dan mungkin saja dapat berakibat pada peningkatan rusaknya HDL kolesterol, menurunkan trigliserida serta memastikan pengendalian kadar gula dan juga menurunkan tekanan darah.

  1. Mengobati Kanker Rahim

Ternyata minyak zaitun memiliki manfaat yang luar biasa untuk para wanita. Karena menurut beberapa peneliti, bahwa wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun maka hasilnya wanita tersebut lebih sedikit terserang kanker Rahim dan resiko untuk terkena kanker Rahim pun akan menurun sampai 25%.

  1. Membantu Untuk Melembabkan Kulit

Minyak zaitun sejak zaman dulu memanga sering digunakan untuk melembabkan kulit, selain itu juga minyak zaitun sering dipakai untuk bahan dasar campuran pembuatan kosmetik. Karena minyak zaitun memiliki manfaat yang baik untuk kulit sehingga dijadikan bahan tambahan untuk kosmetik. Selain itu juga partikel yang terdapat pada minyak zaitun lebih halus daripada minyak sawit. Karena minyak zaitun dapat diserap sempurna oleh kulit, sehingga dapat membantu mengatasi kulit yang kering, keriput, dan juga kasar.

Cara penggunaannya:

  • Oleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang terlihat kering,sebanyak 2 kali dalam sehari. Biasanya dalam waktu 2 hingga 3 hari hasilnya pada kulit akan lebih terlihat halus dan juga lembut.
  1. Pemutih Kulit Alami

Wanita Indonesia dominan memiliki warna kulit sawo matang. Jenis kulit ini sebenarnya sangat cantik apabila dirawat dengan baik dan bersih. Namun wanita Indonesia saat ini lebih menginginkan memiliki warna kulit yang putih mulus. Maka dari itu salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan kulit yaitu dengan menggunakan minyak zaitun yang memiliki khasiat alami untuk memutihkan kulit. hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memutihkan badan.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan minyak zaitun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka dapat ditambahkan perasan jeruk nipis dan juga madu kedalam minyak zaitun
  • Setelah itu aduk sampai teraduk rata, lalu aplikasikan pada seluruh bagian wajah seperti masker.
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat dan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka dapat melakukan cara ini 1 minggu sekali.
  1. Mengobati Kulit Kaki Yang Pecah-Pecah

Minyak zaitun merupakan minyak yang memiliki manfaat sangat banyak. Begitupun untuk masalah kecantikan, salahn satunya untuk mengatasi kulit kaki yang pecah- pecah akibat dari kelembaban kulit kaki yang tidak terjaga, maka dari minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan alami yang dapat mengobati kulit kaki yang pecah-pecah.

Cara penggunaannya:

  • Oleskan minyak zaitun pada bagian kulit kaki yang pecah-pecah pada siang dan malam hari secara teratur.
  • Lalu diamkan beberapa menit, agar minyak zaitun dapat menyerap ke bagian dalam kulit. lalu bersihkamn meggunakan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka dapat melakukan cara ini secara rutin, maka dalam waktu kurang dari seminggu kulit kaki akan terlihat lenih sehat dan pecah-pecah pada kaki pun akan mulai berkurang bahkan hilang.
  1. Menghilangkan Mata Panda

Mata panda yaitu adanya warna hitam disekitaran mata terutama dibagian bawah mata. mata panda ini terjadi biasanya disebabkan karena beberapa hal seperti kurang tidur, dehidrasi, dan terlalu lama berada didepan computer. Untuk dapat menghilangkan mata panda maka dapat dilakukan dengan cara mengoleskan minyak zaitun disekitaran bawah kelopak mata secara perlahan sambil dipijit lembut untuk meregangkan otot-otot yang kaku sekaligus untuk mengurangi pembengkakan ringan disekitar mata. Setalah merasa cukup maka dapat membilasnya menggunakan air bersih. Maka cara ini bisa dilakukan secara rutin 2 kali seminggu maka dalam waktu pemakaian yang tidak lama mata panda pun akan hilang.

  1. Mengembangkan Rambut

Rambut merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dirawat, memiliki rambut yang tipis maka akan membuat rambut terlihat lepek, maka dari itu banyak orang yang melakukan perawatan kesalon agar memiliki rambut yang bagus. Namun tanpa kita sadari sebenarnya kita dapat menggunakan minyak zaitun untuk membantu mengatasi rambut yang tipis, sehingga akan membuat rambut terlihat lebih mengembang.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak zaitun yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Semoga bermanfaat!