Mengatasi Mencret Pada Bayi

Mengatasi mencret pada bayi- Banyak orang tua yang tidak mengetahui ketika bayi  terkena mencret. Mencret pada bayi merupakan salah satu faktor terbesar terjadinya kematian pada bayi dibandingkan dengan penyakit lainnya. Kematian pada bayi akibat diare terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 1 tahun. Oleh karena itu jika bayi mengalami mencret pada masa pertumbuhan segeralah melakukan tindakan. Jangan sampai bayi mengalami dehidrasi berkepanjangan, karena diare dapat terjadi pada bayi usia berapapun.

Diare yang tejadi pada bayi bisa karena bayi mengalami keracunan makanan, alergi obat –obatan bahkan bisa saja, namun yang menjadi hal terbesar dalam terjadi mencret pada bayi yaitu sistem pencernaan bayi yang terkena infeksi oleh bakteri dan virus,hal ini terjadi karena bayi yang terbiasa memasukan jenis benda pada mulutnya yang membuatnya gampang terkena infeksi bakteri dan virus. Namun ibu juga dapat menerapkan beberapa cara untuk mengatasi diare pada bayi agar bayi dapat kembali sehat.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi mencret pada bayi yaitu

  • Daun Jambu Biji

Pada bayi yang berusia diatas 6 bulan juga dapat menggunakan daun jambu biji yang masih muda. cara ini merupakan salah satu cara yang sudah diterapkan dari jaman dahulu,caranya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun jambu biji,kemudian kunyah dan hasil kunyahan sarinya dapat diberikan kepada bayi.

  • Pilih Jenis Makanan

Ketika bayi mencret sebaiknya ibu untuk menggant makanan dengan tekstur yang lebih lembut tapi masih mengandung karbohidrat dan lectin seperti pisang, sereal dan lainnya. Selain itu hindari beberapa jenis makanan yang mengandung serat yang tinggi karena akan membuat mencret semakin parah.

  • Memberikan Oralit

Bayi yang mencret pada usia minimal 6 bulan, ibu dapat memberikan larutan air garam dan gula ( oralit) sebagai pengganti ion tubuh yang hilang dan terbuang saat buang air besar. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan siapkan air dan campurkan gula, dan garam halus. Minumkan larutan ini pada bayi hingga habis, dan lakukan ini setiap hari untuk menghindari terjadi mencret dan untuk menghilangkan rasa lemas akibat kekurangan cairan tubuh.

  • Memberikan Air Tajin

Air tajin yaitu air yang diperoleh dari sari air beras ketika kita sedang menanak nasi, air tajin ini dapat menggantikan oralit, dan air tajin ini dapat diberikan pada bayi yang berusia 3-6 bulan. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan memasak 100 gr tepung beras dalam 2 liter air kemudian dicamourkan dengan garam halus. Setelah dingi air taijin yang diperoleh dapat langsung diminumkan pada bayi yang sedang mencret.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mencret pada bayi yang bisa diterapkan, semoga bermanfaat !