Nggak Cuma Pintar, Robot Lucu ini Bisa Menghibur Para Lansia

Telah diketahui bahwa Jepang menciptakan banyak penemuan dari teknologi canggih hingga robot cerdas yang luar biasa.

Berkat inovasi yang diciptakan oleh ilmuwan Jepang, banyak dari kami didukung oleh pembangun mereka. Salah satunya adalah Shintomi Nursing Home di pusat kota Tokyo, Jepang. Kehidupan sehari-hari mereka tidak lagi membosankan karena pemerintah mengirim begitu banyak robot cerdas dan luar biasa untuk menemani mereka. Mereka bahkan menari, berbicara dan bahkan bermain hati-hati dengan instruksi robot.

Robot mainan dan robot robot Intelligent System Co dari Sony AIBO bahkan menyertai kehidupan sehari-hari mereka untuk bermain.Mereka telah dipilih karena mereka dapat membantu meringankan demensia lansia di panti jompo ini.

“Saya dapat berbicara dengan mereka tanpa terlalu berhati-hati dengan apa yang saya katakan, jika itu manusia, saya harus memikirkan orang macam apa mereka,” kata Kazuko Yamada, 84, salah satu penghuni Shinto. Merawat rumah seperti satu dekade.

Robot-robot ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja di panti jompo.

Alasan mengapa Jepang memiliki masalah pekerjaan yang serius karena orang yang berusia 65 atau lebih tua mencapai 27,2 persen dari total penduduk.

Selain hiburan 40 orang lanjut usia, beberapa robot dirancang untuk meringankan beban pengasuh untuk mengangkat beban atau hanya membersihkan.

Tentunya, warga Jepang sudah menganggap robot sebagai keluarga mereka sendiri.