Obat Batuk Bayi 6 Bulan Secara Tradisional

Obat batuk bayi 6 bulan secara tradisional- Batuk merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu saluran pernapasan. Selain itu juga batuk dapat terjadi pada siapa saja, salah satunya yaitu dapat juga terjadi pada bayi yang berusia 6 bulan. bayi memang rentan terkena penyakit batuk ini, karena penularan virus yang dapat membuat bayi mengalami batuk dengan cepat, karena kekebalan tubuh bayi belum begitu baik sehingga membuat virus mudah menular. Bayi berusia 6 bulan yang sedang mengalami batuk akan membuat orang tuanya menjadi bingung. Karena bayi yang berusia 6 bulan tidak boleh sembarangan diberikan obat yang beredar dipasaran. Dan jika batuk ini tidak segera diobati akan berbahaya bagi bayi.

 

Maka dari itu bayi yang menderita batuk harus segera diobati, dan salah satu cara pengobatan yang aman untuk bayi berusia 6 bulan yaitu dengan menggunakan cara tradisional yang sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Lalu obat tradisional apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk pada bayi? simak ulasnnya berikut !

Beberapa obat batuk bayi 6 bulan secara tradisional

Obat kimia memang dapat membantu menyembuhkan batuk yang terjadi pada bayi  6 bulan dengan cepat. Namun alangkah baiknya jika bunda mencoba menggunakan obat tradisional untuk membantu mengobati batuk yang terjadi pada bayi. Berikut  beberapa obat batuk bayi 6 bulan secara tradisional yang dapat dilakukan :

  1. Ramuan Jeruk Nipis Dan Madu

Salah satu obat tradisional yang dapat digunakan untuk membantu mengobati batuk yang terjadi pada bayi yang berusia 6 bulan yaitu dengan menggunakan ramuan jeruk nipis dan juga madu.

Bahan yang dibutuhkan  :

  • Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis
  • Lalu 4 sendok makan madu murni
  • Dan 4 sendok makan air matang

Cara pembuatannya :

  • Campurkan ketiga bahan tersebut lalu kukus selama 10-15 menit, setelah itu berikan pada bayi yang berusia 6-11 bulan sebanyak 1 sendok makan, dan bunda dapat memberikan 2-3 kali sehari pada bayi yang mengalami batuk.
  1. Menggunakan Ramuan Kunyit.

Obat tradisional selanjutnya yang dapat digunakan untuk membantu mengobati batuk pada bayi yaitu dengan menggunakan kunyit. Selain digunakan untuk bumbu memasak kunyit juga ampuh untuk membantu mengatasi batuk yang terjadi pada bayi.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Sediakan kunyit secukupnya

Cara penggunaannya :

  • Haluskan kunyit yang telah disediakan sampai benar-benar halus, atau bunda juga dapat menggunakan bubuk kunyit yang sudah jadi. Bunda cukup mengoleskan bubuk kunyit tersebut pada bagian payudara dengan cukup sebelum bunda memberikan ASI pada bayi . dan jika bayi diberkan susu formula maka bunda dapat mencampurkan bubuk kunyit tersebut pada susu bayi.

Nah, itulah beberapa obat batuk bayi 6 bulan secara tradisional yang dapat bunda berikan dengan aman kepada bayi. Semoga bermanfaat !