Obat Radang Tenggorokan Alami

Obat radang tenggorokan alami – Radang tenggorokan atau faringitis yaitu suatu penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri dan juga virus. Radang tenggorokan yang terjadi sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, karena kita akan merasakan sakit ketika menelan makanan, dan juga minuman, apalagi hal ini terjadi pada anak- anak tentu saja akan membuat anak-anak menjadi rewel karena merasakan sakit pada tenggorokan. Maka dari itu mengobati radang tenggorokan atau farangitis ┬áharus sesuai dengan penyebab farangitis itu terjadi, karena farangitis bisa saja terjadi karena penyebabnya yang bermacam- macam.

Penyebab terjadinya radang tenggorokan atau farangitis terbagi menjadi dua golongan yaitu penyebab infeksi (virus dan bakteri) dan juga penyebab non infeksi (alergi, iritan,GERD, tumor). Dan dari sekian banyak penyebab radang tenggorokan yang sering yaitu infeksi virus, virus yang menyebabkan common cold (pilek) dan juga influenza (flu). Meskipun sebenarnya radang tenggorokan yang dialami akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari, namun kita juga harus tetap mengobati penyebab radang tenggorokan ini agar virus dan juga bakterinya hilang.

Adapun Beberapa Obat Radang Tenggorokan Alami Yang Dapat Digunakan

Meskipun banyak obat radang tenggorokan yang dapat kita temukan diapotik, namun alangkah lebih baik kita menggunakan bahan alami untuk mengobati radang tenggorokan. Berikut obat radang tenggorokan alami yang dapat dikonsumsi:

  1. Air Garam

Bumbu dapur satu ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengobati radang tenggorokan. Karena garam memiliki sifat antiseptic yang dapat membantu membunuh virus dan juga bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Selain itu juga garam dapat membantu melarutkan lendir yang biasanya terdapat dibagian tenggorokan.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan 1 gelas air putih dengan suhu yang normal.
  • Kemudian larutkan 1-2 sendok garam kedalam air tersebut.
  • Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur-kumur.
  • Dan bagi anda yang disertai dengan
  1. Lemon Dan Madu

Seperti yang telah kita ketahui bahwa madu memiliki banyak manfaat yang baik untuk kecantikan dan juga kesehatan, salah satunya yaitu untuk membantu mengatasi radang tenggorokan. Namun agar mendapat hasil yang maksimal maka dapat ditambahkan lemon. Karena lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara penggunaannya :

  • Sediakan 1 buah lemon, kemudian peras dan campurkan bersama madu dalam satu gelas.
  • Lalu aduk dan campuran dua bahan itu dapat langsung diminum.
  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan dapur kedua yang bisa digunakan untuk membantu mengobati radang tenggorokan. Karena menurut beberapa ahli yang mengungkapkan bahwa kandungan senyawa alicin yang terdapat pada bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan dan juga mengurangi rasa nyeri akibat peradangan.

Cara penggunaannya :

  • Siapkan 1 siung bawang putih
  • Kemudian kunyah bawang putih sampai halus
  • Setelah itu ambil air putih dan gunakan untuk kumur-kumur
  • Dan untuk menghilangkan rasa yang tidak enak maka dapat mengkonsumsi madu.
  1. Wedang Jahe

Seperti yang telah kita ketahui jahe merupakan salah satu rempah yang memberikan sensasi hangat pada tubuh. selain itu juga kandungan senyawa zingiberin yang terdapat pada jahe ini dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun, dan juga dapat membantu mengatasi peradangan.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan jahe secukupnya dan 1 gelas air panas
  • Kemudian tumbuk jahe tersebut dan seduh menggunakan air panas
  • dan agar rasanya menjadi lebih enak maka dapat ditambahkan beberapa sendok madu alami.
  • Setelah itu minum wedang jahe tersebut sedikit, demi sedikit sampai habis.
  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati radang tenggorokan yaitu dengan terapi steaming. Steaming merupakan pengobatan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan uap untuk dpat melancarkan sirkulasi darah, membantu mengatasi peradangan, mengurangi sakit kepala, bahkan juga dapat menghilangkan stress. Dan cara ini dpat dilakukan dengan memanfaatkan uapa dari minyak kayu putih.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan satu baskom air panas yang masih menguap
  • Lalu masukan minyak kayu putih tersebut pada air yang masih menguap tadi
  • Lalu hirup aroma hangat yang keluar dari baskom yang berisi air panas yang sudah ditetesi minyak kayu putih tadi.
  • Dan lakukan menghirup uap panas tadi secara berulang- ulang sampai radang tenggorokan tersebut membaik.
  1. Buah Pisang

Ketika anda sedang mengalami radang tenggorokan maka anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur yang halus seperti buah pisang, hal tersebut dilakukan karena pada saat mengalami radang tenggorokan anda akan merasakan sakit ketika menelan makanan. Selain memiliki tekstur yang lembut buah pisang juga memiliki kandungan potassium tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, dan juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Perbanyak Istirahat

Pada dasarnya radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, karena seiring dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh. maka salah satu cara yang dpat dilakukan untuk dpat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh yaitu dengan perbanyak istirahat. Dan istirahat bukan hanya tidur saja akan tetapi juga dengan mengurangi aktifitas fisik agar tidak kecapean. Karena jika tubuh mengalami kecapean maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan radang tenggorokan pun akan semakin parah.

  1. Banyak Konsumsi Air Putih

Selain mengkonsumsi obat alami untuk membantu mengatasi radang tenggorakan dan juga istirahat yang cukup maka anda juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Karena idealnya mengkonsumsi air putih itu minimal 2-3 liter perhari. Karena selain dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh, banyak mengkonsumsi air putih juga dapat membantu mencegah dehidrasi akibat radang tenggorokan.

  1. Sup Ayam

salah satu obat peradangan yang memiliki rasa yang enak yaitu sup ayam. Selain memiliki rasa yang enak dan disukai oleh banyak orang sup ayam juga dapat membantu mengatasi rasa nyeri akibat peradangan. Dan diusahakan jangan menggunakan rasa pedas karena, rasa pedas yang terlalu berlebihan malah dapat membuat radang tenggorokan semakin parah, dan bahkan juga bisa membuat tenggorokan menjadi luka.

  1. Berhenti Merokok Atau Menghirup Asap Rokok

Untuk mengatasi radang tenggorokan maka bagi anda yang sering merokok disarankan untuk berhenti merokok karena salah satu openyebab terjadinya radang tenggorokan yaitu merokok, agar radang tenggorokan tidak menjadi lebih parah. Selain itu juga hindari asap rokok, karena sama bahayanya dengan merokok.

  1. Teh Hangat

Meminum teh hangat salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi radang tenggorokan. Karena the mengandung antioksidan yang dapat membantu memperjuat kekebalan tubuh dan juga dapat membantu mengatasi infeksi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka dapat ditambahkan satu sendok madu alami kedalam teh, karena hal ini dpat membantu menambah antibakteri dan akan membantu mengatasi radang tenggorokan dengan cepat.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan alami. Semoga bermanfaat!