Obat sariawan untuk bayi

Sariawan merupakan penyakit yang sering terjadi pada siapa saja, tak terkecuali juga pada bayi. Bayi yang mengalami sariawan biasanya akan ditandai dengan munculnya bercak putih pada lidah, gusi dan juga bagian bibir bayi. Dan sariawan pada bayi ini biasanya sering terjadi pada bayi yang berusia 2  bulan atau diatas usia 2 bulan. Dan hal ini dapat ditandai dengan bayi yang tidak mau minum ASI atau juga susu dalam botol, karena hal ini yang disebabkan oleh rasa sakit akibat adanya bintik putih yang terdapat pada mulit bayi.

Pada umumnya sariawan akan sembuh dengan sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun apabila hal bayi masih saja rewel dan juga tidak mau minum ASI. Maka bunda dapat melakukan pengobatan agar sariawan yang dialami oleh bayi segera sembuh. Lalu obat sariawan apa saja yang dapat diberikan pada bayi? Simak ulasannya !

Berikut ini obat sariawan untuk bayi yang dapat bunda lakukan

  1. Oleskan Minyak Kelapa

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengobatan sariawan pada bayi yaitu dengan menggunakan minyka kelapa murni. Minyak kelapa ini mengandung asam kaprilat yang dapat membantu untuk melawan pertumbuhan jamur dan juga bakteri pada mulut bayi. selain itu minyak kelapa juga tidak memiliki efek samping yang dapat membahayakan bayi. cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah karena hanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada puting ibu apabila bayi tersebut diberikan ASI, dan apabila bayi diberikan formula maka bunda dapat mengoleskannya pada bagian dot bayi. selain untuk membantu mngobati sariawan minyak kelapa ini juga dapat membantu untuk menghilangan kotoran dan juga lemak yang ada pada mulut bayi.

  1. Berikan Cairan

Bayi yang mengalami sariawan biasanya akan lebih rewel dan tidak dapat makan dengan baik bagi bayi yang sudah diberikan makan. Namun bunda juga dapat melakukan hal penting lainnya yaitu dengan memberikan cairan seperti ASI atau susu formula sebagai pengganti makanan, hal ini bertujuan agar bayi tidak kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan bayi menjadi lebih sakit.selain itu juga bunda dapat memberikan jus yang mengandung vitamin C yang tinggi.

  1. Berikan Ibuprofen

Bayi yang mengalami sariawan tentu saja akan merasa tidak nyaman, selain itu juga akan tubuh bayi akan membetikan reaksi panas karena rasa sakit yang dialaminya. Maka dari itu untuk mengurangi rasa sakit dan juga demam yang terjadi pada bayi bunda dapat memberikan ibuprofen yang berbentuk sirup. Pemberian obat ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sariawan yang dideritanya sehingga membuat bayi dapat beristirahat dengan baik, dan pemberian obat ini pun harus sesuai dengan dosis dan juga anjuran dokter.

Nah, itulah beberapa obat sariawan untuk bayi yang aman ketika ibu memberikannya. Semoga bermanfaat!