Penyakit Kekurangan Gizi

Penyakit kekurangan gizi- Gizi merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan untuk tubuh, karena gizi memiliki peranan yang penting untuk tubuh yaitu untuk membantu menjalankan sistem pada tubuh dengan baik.  namun terpenuhi atau tidaknya gizi akan dapat terlihat dari keadaan seseorang tersebut. Sebenarnya kebutuhan gizi dapat terpenuhi dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Jika makanan yang kita konsumsi setiap hari mempunyai asupan gizi yang baik maka tubuh kita akan tetap sehat dan akan terhindar dari berbagai penyakit kekurangan gizi. Namun sebaliknya jika makanan yang anda konsumsi setiap hari tidak sehat dan asupan gizi yang terdapat pada makanan tersebut tidak baik maka akan membuat tubuh menjadi mudah untuk terkena penyakit kekurangan gizi. Selain itu juga terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebutuhan gizi seseorang itu berbeda yaitu dari usia, pekerjaan da n juga kondisi tubuh. penyakit yang timbul kaibat kurang gizi kebanyakan diderita oleh masyarakat yang kurang mampu. Dan adapun penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan gizi. Simak ulasnnya!

Berikut ini beberapa penyakit kekurangan gizi yang dapat anda ketahui, diantaranya

  1. Rabun Senja

Penyakit rabun senja ini biasanya mulai terjadi apabila hari sudah mulai senja. Oleh karena itu penderita tidak dapat melihat senja hari ( rabun senja). Hal ini terjadi karena kekurangan vitamin A dalam waktu yang lama.

  1. Anemia

Anemia bisa terjadi karena kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi merupakan hasil dalam pjumlah sel darah merah yang mengalami penurunan atau hemoglobin dalam tubuh. Anemia dapat menyebabkan tubuh menjadi kelelahan, kelemahan dan juga muka menjadi pucat. Maka dari itu untuk mengatatasi masalah anemia maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan.

  1. Penyakit Beriberi

Penyakit beriberi adalah resultant kekurangan vitamin B1. Dan penyakit ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti degenerasi otot, otot berubah koordinasi dan juga kardiovaskular. Dan untuk membantu mengatasi penyakit ini maka anda dapat mengkonsumsi makanan seperti daging, kacang-kacangan dan juga telur.

  1. Penyakit Tulang Osteoporosis

Penyakit kekurangan gizi lainnya salah satunya yaitu penyakit osteoporosis yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Dan itu akan mempengaruhi kesehatan tulang dan juga tulang belakang yang nantinya akan mengarah pada kesehtan tulang yang terganggu dan akan membuat tulang menjadi rentan terhadp patah tulang ataupun cacat. Maka dari itu disarankan untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi bayam, pisang, dan juga susu untuk memenuhi sumber alami vitamin D.

  1. Penyakit Gondok

Kekurangan yodium dapat menyebabkan terjadinya penyakit gondok. Maka sari itu yodium sangat penting untuk menjaga metabolism tubuh. penyakit gondok ini llebih mengarah pada pembesaran kelenjar tiroid yang dpat menyebabkan hipotiroidisme , dan juga keterbelakangan mental. Maka dari itu garam ikan harus dikonsumsi untuk mencegah kekurangan yodium pada tubuh anda.

Nah, itulah beberapa penyakit kekurangan gizi yang dapat anda ketahui dan anda dapat mencegahnya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!