Penyebab Anak Obesitas

Penyebab anak obesitas- Memiliki anak yang sehat merupakan dambaan setiap orang tua, namun bagaimana jadinya apabila anak tersebut tidak sesuai seperti apa yang kita harapkan, salah satunya yaitu anak mengalami kelebihan berat badan atau sering disebut dengan obesitas. Memiliki anak yang gemuk memang akan terlihat lucu bagi yang melihatnya, namun jika anak tersebut mengalami obesitas, maka akan berbahaya bagi kesehatan anak.

Maka dari itu orang tua harus menjaga pola makan anak, agar anak tidak mengalami obesitas. Anak yang mengalami obesitas mereka akan makan dengan porsi yang lebih baynak, dan apabila porsi makan tersebut dikurangi maka ia akan merasa kurang. Selain pola makan yang tidak teratur obesitas juga dapat terjadi karena beberapa penyebab. Lalu apa saja yang dapat menjadi penyebab anak obesitas? simak ulasannya !

Berikut ini beberapa penyebab anak obestitas yang dapat bunda ketahui, diantaranya

  1. Mengkonsumsi Makanan Serta Minuman Cepat Saji

Salah satu penyebab terjadinya anak obesitas yaitu anak sering mengkonsumsi makanan atau minuman cepat saji. Dijaman sekarang ini memang sangat banyak makanan instan yang dijual. Namun makanan dan minuman instan ini tidak baik apabila sering dikonsumsi karena akan kandungan yang berada dalam makanan serta minuman tersebut tidak baik bagi kesehatan dan juga dapat menyabkan terjadinya obesitas.

  1. Kurang Olahraga

Salah satu penyebab terjadinya obesitas pada anak yang paling mendominasi yaitu kurangnya olahraga atau aktivitas fisik. Olahraga atau aktivitas fisik merupakan suatu hal yang wajib dilakukan secara teratur oleh setiap orang, karena dengan berolahraga dapat membantu untuk menghilangkan tumpukan lemak yang berada didalam tubuh. lemak akan dikeluarkan melalui urin dan keringat. Karena timbunan lemak inilah yang membuat anak menjadi terlihat menjadi lebih gemuk dan timbunan lemak ini juga akan berbahaya untuk kesehatan terutama bagi pembuluh darah dan juga organ lainnya apabila terus dibiarkan.

  1. Genetic

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan obesitas terhadap anak yaitu salah satunya yaitu faktor genetic. Jika ayah dan juga ibunya obesitas atau berbadan gemuk, maka anaknya pun kemungkinan terkena obesitas pun akan  sangat mudah. Maka dari itu ibu yang mengalami kelebihan berat badan pada saat hamil disarankan untuk berhati-hati dari mulai janin berada didalam kandungan, karena ibu yang mengalami obesitas akan melahirkan bayi dengan berat badan yang lebih besar atau lebih dari yang semestinya.

  1. Penyakit

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan anak mengalami obestitas yaitu salah satunya penyakit. Ada beberapa macam penyakit yang dapat menyebabkan  anak terkena obesitas. Dan biasanya penyakit tersebut berhubungan dengan syaraf atau neurologis serta endokrin. Dan apabila anak telah memakan makanan yang sehat dan juga pola hidup yang sehat  tetapi anak tersebut masih gemuk, maka sebaiknya bunda segera konsultasi kedokter, karena bisa jadi obesitas yang diderita oleh anak tersebut bukan karena pola makan yang kurang baik dan juga sehat melainkan karena penyakit.

Nah, itulah beberapa penyebab anak obesitas yang dpat bunda ketahui terlebih dahulu. Semoga bermanfaat !