Penyebab bayi gumoh

Penyebab bayi gumoh- Gumoh yang terjadi pada bayi merupakan suatu hal yang tidak menandakan bahwa adanya gangguan kesehatan yang serius pada bayi maka dari itu bunda janga terlalu khawatir. Pada umumnya gumoh dan muntah merupakan satu hal yang sama –sama bayi mengeluarkan makanan atau cairan dari lambung. Hanya saja gumoh tersebut bersifat pasif atau spontan mengalirkan air kebawah baik itu dalam jumlah sedikit ataupun banyak.

Meskipun terbilang normal, apabila terus dibiarkan gumoh pun akan mengakibatkan terjadinya berbagai komplikasi yang akan menganggu pertumbuhan bayi. maka dari itu bunda harus segera mengatasinya. Sebelum mengatasinya maka alangkah lebih baik unda untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya gumoh pada bayi. lalu apa saja yang menjadi penyebab terjadinya gumoh pada bayi ? simak ulasannya !

Berikut ini adalah beberapa penyebab bayi gumoh yang harus bunda ketahui sebelumnya, diantaranya

  1. Pemberian Asi Terlalu Banyak

Pemberian susu atau ASI yang berlebih pada bayi akan menyebabkan terjadinya gumoh pada bayi. karena lambung yang dimiliki bayi memiliki kapaistas tertentu. Maka ketika lambung bayi terisi dengan penuh maka akan mengakibatkan terjadinya gumoh pada bayi.

  1. Posisi Menyusu Yang Salah

Penyebab bayi gumoh lainnya yaitu posisi yang salah pada saat pemberian ASI saat posisi bayi sedang telentang karena dapat membuat cairan masuk kesaluran napas. Selain itu juga pemakaian dot yang salah terkadang membuat anak menjadi malas menghisap sehingga udara lebih banyak yang masuk ke lambung dan hal inilah yang menyebabkan bayi menjadi muntah.

  1. Klep Penutup Lambung Belum Sempurna

Hal lain yang menyebabkan bayi gumoh yaitu klep penutup lambung yang terletak diantara lambung dan saluran pencernaan atas yang terdapat pada bayi biasanya belum bisa berfungsi secara sempurna. Dan hl inilah yang menyebabkan bayi gumoh.

  1. Fungsi Pencernaan Yang Belum Sempurna

Fungsi pencernaan yang belum sempurna pun menjadi salah satu penyebab terjadinya gumoh, karena susu yang diterima oleh sistem pencernaan pun tidak dapat dicerna dengan baik.

  1. Sendawakan Bayi

Setelah bayi menyusu maka sebaiknya bunda segerakan sendawakan bayi. karena hal ini yang akan menyebabkan bayi gumoh apabila tidak langsung disendawakan. Karena terkadang bayi masih membutuhkan bersendawa diantara 2 waktu menyusu.

  1. Lubang Dot Tidak Terlalu Besar

Penyebab terjadinya gumoh pada bayi yaitu salah satunya lubang dot yang terlalu besar atau juga terlalu kecil. Apabila lubang dot terlalu kecil akan membuat banyak udara yang masuk sedangkan kila lubang dot terlalu besar akan membuat susu mengalir terlalu cepat sehingga hal inilh yang membuat bayi menjadi gumoh.

Nah, itulah beberapa penyebab bayi gumoh yang harus bunda ketahui, agar dapat mengatasinya dengan cepat. Semoga bermanfaat!