Penyebab Bayi Kuning Baru Lahir

Penyebab bayi kuning- Penyakit kuning yaitu dimana penyakit yang terjadi dikarenakan adanya penimbunan bilirubin ( komponen yang ada didalam sel darah merah ). Penyakit kuning ini merupakan suatu hal yang wajar yang terjadi pada bayi selama dua hari setelah bayi dilahirkan. Bayi yang menderita penyakit kuning ini biasanya akan terlihat kuning pada bagian mata, dan juga kulit meraka pun akan berubah menjadi warna  kuning. Dan apabila penyakit kuning ini berlangsung selama satu minggu, maka penyakit kuning ini termasuk kedalam penyakit kuning yang berbahaya.

Terjadinya penyakit ini tentu saja bukan tanpa sebab, penyakit bayi kuning ini ada yang terkadi karena hal yang normal dan ada juga yang tidak normal. Bayi yang biasanya 50% terkena penyakit kuning ini terjadi pada bayi yang lehir secara premature. Hal ini terjadi karena bayi yang lahir secara premature organ dalam tubuhnya belum berkembang secara sempurna terutama organ hatinya. Maka dari itu anda juga harus mengetahui penyebab terjadinya bayi kuning. Lalu apa saja yang menjadi penyebab bayi kuning ?simak ulasannya berikut !

Berikut beberapa penyebab bayi kuning baru lahir yang wajib untuk anda ketahui

  1. Darah Yang Tidak Cocok

Salah satu penyebab terjadinya warna kuning pada bayi dapat juga disebabkan karena adanya ketidak cocokan antara darah anak dan juga darah ibu. Ketidak cocokan darah antara ibu dan anak ini menjadi salah satu penyebab terjadinya pembentukan bilirubin yang berlebihan oleh aliran darah dan terganggunya pengeluaran biliburin melalui BAB.

  1. Pigmen Kuning

Penyebab terjadinya bayi kuning yaitu dikarenakan pigmen kulit yang dapat menyebabkan bayi bisa berwarna kuning. Pigmen yang berwarna kuning ini dalam dunia medis biasanya disebut sebagai biliburin. Peningkatan bilinurin pada darah dapat menyebabkan kulit pada bayi menjadi berwarna kuning. Adanya biiburin ini  terjadi karena pecahan sel-sel darah merah didalam tubuh bayi sewaktu lahir. Dan dalam jangka tertentu juga sel darah merah akan mengurai menjadi biliburin.  Pada kondisi normal organ yang berfungsi untuk menguraikan bilirubin tersebut adalah hati. Namun pada saat bayi masih didalam kandungan yang berfungsi untuk mengurai bilirubin adalah ibu.

  1. Infeksi

Penyebab bayi uning selanjutnya yaitu adanya infeksi yang terjadi didalam tubuh yang dapat menyebabkan bayi terlahir dengan penumpukan bilirubin. Dan penumpukan bilirubin ini yang dpat menyebabkan bayi menjadi kuning pada saat dilahirkan.

  1. Organ Hati Belum Matang

Organ hati yang belum matang yang terjadi pada bayi yang dapat menyebabkan bayi menjadi kuning.  Oleh karena itu penyakit kuning sering disebut sebagai penyakit hati. Dan apabila penyakit ini terjadi pada  orang dewasa biasanya identik dengan penyakit liver atau juga penyakit hati. Sedangkan kalau terjadi pada bayi maka sering dikaitkan dengan organ hati yang belum matang.

Nah, itulah beberapa penyebab bayi kuning baru lahir yang dapat anda ketahui. Semoga bermanfaat!