Penyebab Dan Cara Mengatasi Bintik Merah Pada Bayi

Bintik merah pada kulit bayi merupakan salah satu hal yang menjadi pikiran dan rasa kekhawatiran untuk para orang tua yang mempunyai buah hati, apalagi jika anda baru pertama kali memiliki buah hati tentunya akan ada kekhawatiran tersendiri dan mungkin akan menimbulkan beberapa pertanyaan seperi apakah bintik merah pada kulit bayi berbahaya?

Sebenarnya bintik merah pada kulit bayi umumnya tidak begitu berbahaya untuk kesehatan buah hati, namun tentunya anda juga perlu mengetahui penyebab bintik merah pada bayi anda agar jika sewaktu-waktu bintik merah pada kulit bayi timbul kembali, anda bisa mengatasi bintik merah pada bayi anda dengan cepat. Lalu, apa saja penyebab bintik merah pada bayi? Berikut ulasannya!

Inilah Penyebab Bintik Merah Pada Bayi

  • Bintik Merah Pada Bayi Disebabkan Karena Jerawat Bayi

Tidak hanya orang dewasa saja yang selalu memiliki jerawat, bayi juga ternyata memiliki jerawat yang berupa bintik merah berbentuk bulat yang bisa anda temui pada bagian wajah atau punggung buah hati. Penyebab jerawat pada bayi tentunya berbeda dengan jerawat pada orang dewasa atau remaja, penyebab bintik merah pada bayi yaitu jerawat bayi disebabkan karena pengaruh hormon ibu yang masih melekat pada buah hati.

Kondisi jerawat pada bayi ini bisa parah jika terpapar melalui keringat, susu, kain kasar, air liur, ataupun sabun pencuci pakaian yang tidak cocok. Bintik merah pada bayi ini sebenarnya tidak perlu pengobatan yang khusus karena akan hilang seiring bertambahnya usia buah hati. Namun, tentunya anda perlu mengetahui cara mengatasi bintik merah pada bayi yaitu denga cara menghindari obat-obatan ataupun krim yang belum dikonsultasikan kepada dokter.

  • Bintik Merah Pada Bayi Disebabkan Karena Gigitan Serangga

Penyebab bintik merah pada bayi selanjutnya disebabkan karena gigitan serangga seperti nyamuk ataupun semut. Bintik merah ini bisa berbentuk benjolan merah yang cukup besar. Cara mengatasi bintik merah pada bayi yaitu dengan cara memberikan lotion anti nyamuk yang memiliki kandungan kalamin atau minyak telon. Selain itu, anda juga bisa menggunting kuku dari buah hati anda yang sudah mulai panjang agar menghindari jika serangga mengigit lagi buah hati anda tidak akan mengalami luka garukan akibat gatal.

  • Bintik Merah Pada Bayi Disebabkan Karena Dermatis Seboroik

Penyebab bintik merah bayi yang paling umum disebabkan karena dermatis seboroik yang mana kondisi ini berupa ruam merah kekuningan yang tampak kering bersisik yang bisa tampak terlihat mengelupas yang paling sering anda temui pada bagian kulit kepala, telinga, leher dan bahkan alis buah hati anda. Penyebabnya hampir sama dengan jerawat pada bayi yaitu disebabkan oleh pengaruh hormon yang terbawa oleh buah hati anda yang memproduksi kelenjar minyak berlebih. Cara mengatasi bintik merah pada bayi yang disebabkan karena dermatis seboroik cukup mudah anda bisa melepaskan sisik tersebut dengan baby oil dan sisir khusus bayi.

Nah, itulaha beberapa penyebab bintik merah pada bayi dan cara mengatasi bintik merah pada bayi. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda!