Penyebab Kejang Pada Bayi

Penyebab kejang pada bayi- Kesehatan pada bayi merupakan suatu hal yang sangat perlu diperhatikan dan juga sangat penting bagi ibu. Maka dari itu seorang ibu harus menjaga kesehatan bayi dengan baik agar bayi tidak terkena berbagai penyakit terutama kejang pada bayi. Kejang merupakan salah satu kondisi ketika adanya masalah pada fungsi otak. Gerakan tubuh ini terjadi diluar kesadaran dan juga perhatian dari fungsi otak.

Kejang ini bisa saja terjadi pada bayi yang baru lahir, anak-anak usia sekolah dan juga anak remaja.ketika anak mengalami kejang lebih dari satu kali dalam satu periode maka ini kondisi ini akan membahayakan kesehatan anak. Maka dari itu ibu harus segera mengatasinya, namun ibu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Lalu apa saja yang dapat menjadi penyebab kejang pada bayi ? simak ulasnnya berikut!

Berikut ini beberapa penyebab kejang pada bayi yang dapat ibu ketahui, diantaranya

  1. Demam

Salah satu penyebab bayi kejang yaitu disebebkan karena bayi mengalami demam. Namun pada dasarnya penyebab utama terjadinya kejang yaitu infeksi yang menyerang tubuh. selain itu juga infeksi yang terjadi pada bayi akan menjadi meningkat ketika bayi tidak imunisasi. Kejang ini merupakan kejang yan umum terjadi pada anak jika demam. Maka dari itu ketika anak mengalami demam maka ibu harus segera mengatasinya agar bayi terhindar dari kejang.

  1. Trauma Kepala

Ketika anak  mengalami trauma kepala pada saat bayi maka akan menyebabkan terjadinya kejang  begitupun setelah bayi tersebut menginjak usia balita. Trauma yanga terjadi pada bayi ini salah satunya menyebabkan pendarahan didalam otak ataupun bagian kepala lainnya. dan pada umumnya kejang bisa  terjadi setelah trauma otak ataupun beberapa lama setelah terjadinya trauma dan ini akan menyebabkan terjadinya komplikasi.

  1. Penyakit Meningitis

Bayi yang mengalami meningitis bisa juga menyebabkan terjadinya kejang pada anak. Meningitis ini terjadi disebabkan karena adanya peradangan yang terjadinya karena peradangan yang terjadi pada jaringan yang menutupi bagian otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu juga anak yang mengalami meningitis ini akan menyebabkan pembengkakan pada jaringan meninges, teknan darh dalam otak dan juga otak akan kekurangan oksigen.

  1. Gangguan Metabolisme Tubuh

Salah satu penyebab terjadinya kejang pada bayi yaitu gangguan yang terjadi pada metabolisme tubuh. kejang yang terjadi yang diakibatkan oleh gangguan metabolism tubuh ini akan menyebabkan gangguan proses kimia yang sangat penting dalam tubuh. Gangguan metabolism tubuh yang terjadi pada bayi disebabkan karena adanya bahaya kaporit pada ibu hamil ataupun ibu hamil yang meminum air teh.

  1. Epilepsi

Epilepsi merupakan salah satu penyebab terjadinya kejang pada anak. Kejang yang disebabkan oleh epilepsy ini terjadi karena gangguan neurologis. Neurologis yaitu gangguan pada sinyal listrik dalam otak yang akan menyebabkan otak terkena masalahyang serius.

Nah, itulah beberapa penyebab kejang pada bayi yang mungkin dapat bunda ketahui sebelumnya. Semoga bermanfaat!