Penyebab kekurangan gizi

Penyebab kekurangan gizi- Gizi merupakan salah satu unsur penting pada tubuh manusia, karena pada saat tubuh memiliki kandungan gizi yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan juga aktifitas yang dilakukan pun akan terasa lebih bersemangat. Gizi yang baik harus dimiliki setiap orang didalam tubuhnya bahkan juga pada saat masih usia anak-anak, karena gizi yang baik akan membantu sistem pertumbuhan dan juga perkembangan otak maupun fisik pada anak.

Maka dari itu orang tua harus selalu memperhatikan asupan makanan yang diberikan kepada anak agar anak tidak kekurangan gizi, karena penyebab terjadinya kekurangan gizi bisa juga salah satunya  berawal dari asupan makanan yang dikonsumsi tidak mengandung gizi yang baik. selain itu juga masih ada penyebab kekurangan gizi lainnya yang dapat untuk anda ketahui. Lalu apa saja penyebab kekurangan gizi tersebut? Simak ulasnnya !

Berikut ini beberapa penyebab kekurangan gizi yang dapat untuk anda ketahui

  1. Diet Ketat

penyebab terjadinya kekurangan gizi yatu diet ketat seperti mengurangi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, garam ataupun lemak. Dan hal ini memang dapat membantu untuk mengatasi ketika anda mengalami kondisi medis tertentu. Namun dibalik itu anda juga akan kehilangan zat yang terdapat dari makanan yang mengandung gula, garam dan lemak tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mengalami Gangguan Makan

Penyebab selanjutnya yaitu mengalami gangguan makan seperti anoreksia nervosa. Seseorang yang mengidap gangguan anoreksia nervosa itu biasanya akan memuntahkan kembali makan yang telah dimakannya. Maka dari itu hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.

  1. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Selanjutnya yang menjadi penyebab kekurangan gizi yaitu mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan dan juga menghambat penyerapan nutrisi pada tubuh. dan hal ini juga dapat menyebabkan orang yang telah kecanduan makanan beralkohol ini menjadi lupa makan, karena ia telah merasa cukup hanya dengan mengkonsumsi minuman ini.

  1. Mengidap Penyakit Yang Mengurangi Nafsu Makan

Penyebab kekurangan gizi lainnya yaitu bisa juga terjadi dikarenakan anda mengidap penyakit yang dapat megurangi nafsu makan  seperti mual, kanker dan juga penyakit hati. Sehingga membuat mengalami kondisi dimana anda nafsu makan anda berkurang sehingga membuat tubuh kekeurangan nutrisi.

  1. Menderita Disfagia

Penyebab berikutnya yaitu ketika seseorang menderita disfagia yaitu kondisi dimana seseorang mengalai kesakitan saat menelan baik itu makanan maupun minuman, sehingga hal inilah yang dapat menyebabkan sesorang kekurangan gizi karena tidak adanya asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.

Selain beberapa penyebab kekurangan gizi yang telah disebutkan diatas, ada juga bebrapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya kekurangan gizi yaitu masalah ekonomi, kurangnya pengetahuan tentang masalah gizi, dan juga selera makan berkurang karena adanya gangguan pada indra perasa.

Nah, itulah beberapa penyebab kekurangan gizi yang dapat anda ketahui, semoga bermanfaat !